Anthony Davis menjadi satu-satunya pemain yang mengoleksi gelar tertinggi di empat event bergengsi. Ia sukses dari tingkat universitas, profesional, dan internasional. Davis tercatat menjadi juara NCAA, NBA, juara dunia, dan peraih emas Olimpiade. Bahkan beberapa pemain legendaris tidak punya empat gelar tersebut sekaligus.

Davis menjadi juara NCAA Divisi I 2012. Davis merupakan pemain University of Kentucky. Dalam National Championship 2012, Kentucky mengalahkan University of Kansas 67-59. Cukup setahun di NCAA. Davis mengikuti NBA Draft 2012 dan menjadi pilihan No. 1 oleh New Orleans Hornets (Pelicans).

Belum sempat menginjakkan kaki di NBA, Davis masuk roster Timnas Amerika Serikat di Olimpiade London 2012. Memang hanya sebagai pemain cadangan. Davis mencatat 3,7 poin dalam tujuh gim di London. Ia ikut membawa AS meraih emas. Dua gelar sudah di tangan sebelum masuk NBA.

Davis kembali dipercaya masuk roster AS di Piala Dunia FIBA 2014. Ia bergabung dengan Stephen Curry, Kyrie Irving, James Harden, hingga Derrick Rose. AS menjadi juara dunia setelah mengalahkan Serbia 129-92. Ini menjadi terakhir kalinya AS menyandang gelar tersebut.

Davis menjadi pemain Hornets/Pelicans hingga 2019.  Davis meminta pertukaran. Ia diakuisisi oleh Los Angeles Lakers dengan imbalan Lonzo Ball, Brandon Ingram, dan Josh Hart. Nasib Davis mujur. Berada satu tim dengan LeBron James, mereka membawa Lakers menjadi juara NBA 2020.

Sekarang Davis bersama AS di Olimpiade Paris 2024. Tidak seperti 12 tahun lalu. Kali ini ia lebih matang dan siap memberi kontribusi lebih banyak. Davis satu tim dengan Curry, LeBron, Kevin Durant, hingga Joel Embiid.

Sebagai perbandingan, tidak ada pemain yang menjuarai empat gelar (NCAA, NBA, Piala Dunia FIBA, dan Olimpiade) sekaligus. Tapi Davis memiliki semua gelar tersebut.

Michael Jordan tidak pernah juara dunia. Begitu pula dengan Larry Bird dan Magic Johnson. LeBron James malah tidak kuliah jadi dia tidak pernah juara NCAA. Begitu pula dengan KD. Lalu Curry tidak menjuarai NCAA dan baru bermain di Olimpiade. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar