Tom Thibodeau tidak pergi kemana-mana. Ia tetap bersama New York Knicks setidaknya hingga tahun 2028. Thibodeau akan kembali mencoba menaklukkan Wilayah Timur di musim mendatang.

Dari laporan ESPN pada Rabu (24/7) waktu setempat, Thibodeau menyetujui perpanjangan kontrak dengan Knicks dengan jangka waktu tiga tahun. Pelatih berusia 66 tahun itu memimpin Knicks hingga musim 2017-2028.

Thibodeau menjadi sosok kebangkitan Knicks dalam dua musim terakhir. Dengan reputasi Coach of the Year 2011 dan 2021, Thibodeau mengantar Knicks menjadi salah satu penantang gelar.

Ia juga menjadi bagian dari kejayaan Knicks di akhir 90an dan awal 2000an sebagai asisten pelatih Jeff Van Gundy. Mereka mencapai Final NBA 1999 dan kalah dari San Antonio Spurs 4-1. Rekor itu yang ingin diperbaiki oleh Thibodeau. Sebab, sejak saat itu Knicks belum pernah ke Final NBA lagi.

Knicks memang belum berhasil. Tapi setidaknya mereka berproses dari tahun ke tahun. Thibodeau direkrut Knicks sebagai kepala pelatih pada 2020. Pada musim pertamanya, Thibodeau langsung menyabet gelar pelatih terbaik. Knicks menyelesaikan musim dengan rekor 41-31 dan kalah di ronde pertama melawan Atlanta Hawks.

Knicks memang gagal lolos playoff di musim berikutnya. Kemudian mereka mencapai semifinal pertama setelah 10 tahun pada musim 2022-2023. Knicks menutup musim dengan rekor 47-35. Mereka kandas dari Miami Heat di semifinal dalam enam gim.

Musim 2023-2024 lebih sensasional untuk Knicks. Mereka menjadi unggulan kedua dengan 50-32. Knicks diprediksi menjadi calon lawan Boston Celtics (64-18), yang menjadi juara NBA 2024. Sayangnya, Knicks mengalami masalah cedera. Mereka susah payah melawan Indiana Pacers di semifinal dalam tujuh gim.

Mengamankan Thibodeau menjadi langkah terbaru yang bagus oleh Knicks. Sebelumnya mereka melakukan pertukaran dengan mendapatkan Mikal Bridges. Kemudian merekrut lagi OG Anunoby dan perpanjangan kontrak yang menguntungkan dengan Jalen Brunson. (rag)

Foto: Getty Images  

Komentar