Amerika Serikat selalu menjadi unggulan dalam setiap turnamen basket besar yang mereka ikuti. Lebih lagi di Olimpiade di mana mereka selalu turun dengan kekuatan penuh, Amerika Serikat selalu jadi target untuk dikalahkan oleh semua tim. 

Tak berbeda dengan Olimpiade 2024 Paris. Datang dengan kekuatan terbaik yang mereka punya seiring kehadiran LeBron James, Stephen Curry, dan Kevin Durant, Amerika Serikat selalu ditunggu permainanya. Bahkan, untuk kaliber laga uji coba, aksi-aksi mereka terus dinanti dan disorot publik pecinta basket. 

Namun, apa yang terjadi di dua uji coba mereka membawa berbagai kekhawatiran bahkan kekecewaan. Ya, kepala pelatih Amerika Serikat, Steve Kerr, terang-teranganya menyatakan kekecewaannya atas performa Amerika Serikat yang menang satu poin dari Sudan Selatan dan menang empat poin saja dari Jerman. 

"Saya sangat benci melihat kecepatan kami (pace) dalam bermain melawan Jerman," buka Kerr dilansir The Athletic. "Kami hanya berjalan, tidak berlari. Video pertandingan benar-benar membuat saya tidak nyaman dalam melihat. Kami tahu kami harus bermain lebih baik lagi di dua sisi permainan dan saya percaya kami akan menjadi lebih baik. Kami harus melakukan beberapa penyesuaian baik secara strategi dan emosional," imbuhnya. 

Selain hasil akhi, fakta bahwa LeBron James menjadi penentu kemenangan di dua laga tersebut membuat kekhawatiran semakin meninggi. Seperti kita tahu bersama, LeBron hampir berusia 40 tahun dan ia masih menjadi tumpuan. Dalam laga melawan Jerman, Devin Booker menembak 1/6 sedangkan Jayson Tatum 2/6. Stephen Curry menjadi satu-satunya pemain yang memiliki catatan (+/-) di angka positif dalam gim tersebut. 

(Baca juga: Kevin Durant akan Main dengan Menit Terbatas)

Amerika Serikar masih tampil tanpa Kevin Durant di seluruh laga uji coba mereka. Durant memang sudah terlihat berlatih dengan tim, namun belum ada tanda ia akan bermain seperti biasa. Bahkan, terbuka kemungkinan Durant akan bermain dengan menit yang terbatas. (DRMK)

Foto: Getty Images

Komentar