NBA menciptakan WNBA pada tahun 1996, tetapi baru dalam beberapa tahun terakhir jumlah penonton TV dan penonton di arena meningkat. Pemain baru Caitlin Clark dan Angel Reese, yang berjuang keras di perguruan tinggi, telah menambah daya tarik liga profesional. Belakangan di Amerika Serikat, olahraga seperti sepak bola wanita, softball perguruan tinggi, dan senam telah meraih rating yang luar biasa. Sehingga naiknya popularitas WNBA berperan dalam kesepakatan media NBA yang baru.

Menanggapi kesepakatan jangka panjang mereka dengan NBA, Pemimpin ESPN Jimmy Pitaro, dan EVP Pemrograman & Akuisisi Rosalyn Durant mengatakan kebangkitan WNBA akhir-akhir ini memberikan daya tarik ekstra untuk mendapatkan kesepakatan baru.

"Saat ini ada banyak permintaan untuk konten WNBA, yang menurut kami sangat fantastis," kata Pitaro dalam jumpa pers. "Saat ini kami sedang melihat tren yang meningkat, di mana kami melihat para pesaing kami di industri ini benar-benar mendukung olahraga wanita secara umum dan WNBA. Dan, itu hal yang baik. Kami menyukai momentum di sekitar olahraga wanita secara umum, khususnya di WNBA."

Sebelumnya, NBA mengonfirmasi kesepakatan hak siar yang telah lama dirumorkan dengan Disney-ESPN, NBCUniversal, dan Prime Video, dengan nilai yang dilaporkan mencapai 77 miliar dolar Amerika selama 11 tahun.

"Kami telah menjadi mitra NBA sejak musim perdana mereka," kata Durant. "Bukan rahasia lagi, dan Jimmy menyebutkan angka dan pertumbuhannya, bahwa olahraga wanita sedang naik daun. WNBA sedang naik daun. Olahraga ini sangat dinamis."

Komisaris WNBA Cathy Engelbert mengatakan, "kemitraan liga dengan Disney telah berperan penting bagi pertumbuhan WNBA dan bola basket wanita. Kami berharap dapat terus membangun momentum luar biasa yang telah kami capai bersama untuk meningkatkan visibilitas para pemain dan tim serta menyediakan pengalaman yang lebih menarik bagi para penggemar kami di tahun-tahun mendatang."

Layanan streaming utama ESPN, yang akan mencakup penawaran program utama yang tersedia di TV berbayar, akan diluncurkan pada musim gugur tahun depan. Venu Sports, perusahaan patungan Disney-ESPN, Fox, dan Turner Sports, juga akan diuntungkan dari NBA yang terus berlanjut di Disney.

"Saat kami duduk di meja perundingan dengan liga, yang kami dengar adalah jangkauan. Dan itu sangat menarik bagi kami mengingat gabungan audiens yang dapat terhubung dengannya di berbagai platform," kata Pitaro. "Hal yang hebat tentang negosiasi ini adalah kami sepenuhnya selaras dalam memprioritaskan digital dan streaming."

Sebagai langkah awal, Disney menyiarkan pembukaan musim WNBA musim depan secara bersamaan di ESPN linear dan Disney+. (*)

Foto: The Gist

Komentar