Basket putra di Olimpiade 2024 Paris akan dimulai dua hari lagi. Setelah rangkaian Olympic Qualifying Tournament (OQT) dan sederet laga uji coba yang digelar oleh para peserta, akhirnya semua tim sudah berkmpul di Paris, Rabu (24/7), waktu setempat. Seluruh tim sudah melakoni media day yang menandakan semua tim sudah mengunci 12 nama pemain yang akan berlaga. 

Tidak ada perubahan dalam skuad masing-masing negara yang sebelumnya masuk dalam daftar bersar sekitar 15-17 nama. Amerika Serikat menjadi sorotan seiring dengan masih absennya Kevin Durant di sepanjang pemusatan latihan dan uji coba yang dilakoni oleh Amerika Serikat. Sempat ada dorongan untuk mengganti Durant, tapi kepala pelatih Amerika Serikat, Steve Kerr, menegaskan bahwa hal itu tidak memungkinkan. 

Total ada 37 pemain NBA yang berlaga di Olimpiade 2024 Paris. Jumlah ini lebih sedikit ketimbang gelaran sebelumnya di Olimpiade 2020 Tokyo yang mencapai 49 pemain. Jumlah 49 nama tersebut jadi rekor tertinggi keikutsertaan pemain NBA di Olimpiade. Pun demikian, hampir separuh dari seluruh pemain yang berlaga pernah merasakan atmosfer NBA. 

Menariknya, kali ini setiap tim memiliki setidaknya satu pemain yang berstatus sebagai pemain NBA. Yunani, Puerto Riko, Sudan Selatan, Brasil, dan Spanyol adalah tim dengan satu wakil NBA di skuad mereka. Australia bahkan memiliki delapan wakil NBA di skuad mereka. 

Berikut daftar lengkap roster seluruh tim di basket putra Olimpiae 2024 Paris.

Foto: FIBA

Komentar