Upacara pembukaan Olimpiade menjadi hal yang menarik untuk disaksikan. Ribuan atlet dari penjuru dunia berbaris dengan atribut negara masing-masing. Meski tidak (belum) ada tim basket, Indonesia ikut ambil bagian di Olimpiade. Kali ini judoka Maryam March Maharani menjadi pembawa bendera.

Tugas yang sama dengan LeBron James, Giannis Antetokounmpo, dan Dennis Schroder. LeBron memimpin kontingen Amerika Serikat. Giannis di Tim Yunani. Schroder untuk Tim Jerman. Indonesia ada Rani, sapaan Maryam March Maharani.

“Untuk opening ceremony, Tim Indonesia ada 15 orang dengan kostum defile yang masih menjadi kejutan. Pesona Rani tidak akan kalah dengan LeBron James, yang menjadi pembawa bendera Amerika,” ujar Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie.

Baca juga: LeBron James Jadi Pembawa Bendera Kontingen AS di Pembukaan Olimpiade Paris

Dalam keterangan resmi Komite Olimpiade Indonesia pada Rabu (24/7), Rani dipilih karena menjadi judoka pertama yang lolos Olimpiade setelah 12 tahun. Terakhir kali judoka Indonesia tampil pada Olimpiade London 2012 atas nama Putu Wiradamungga.

Rani mengaku sangat senang atas kesempatan ini. Menurutnya menjadi pembawa bendera Indonesia di Olimpiade merupakan kesempatan langka. Tidak akan terulang lagi. Seandainya ia lolos edisi berikutnya, belum tentu KOI akan memunjuknya lagi.

“Banyak yang mau posisi ini. Saya bersyukur dikasih kesempatan ini. Semoga bisa membanggakan Indonesia dan memberikan hasil terbaik di pertandingan. Serta jadi inspirasi buat atlet lain,” ungkap Rani.

Pembukaan Olimpiade akan berlangsung pada Jumat, 26 Juli 2024 di Sungai Seine, Paris, Prancis. Acara ini akan berbeda dari edisi sebelumnya. Sebab, pembukaan Olimpiade Paris 2024 dilakukan di Sungai Seine.

Setiap kontingen akan menaiki kapal. Mereka akan melintasi sungai yang masuk situs warisan dunia UNESCO itu. Pada Olimpiade sebelumnya, kontingen berjalan di dalam stadion.

Giannis akan menjadi atlet pertama yang melintas. Dalam defile kontingen, Yunani menjadi negara pertama yang melangkah. Sebab, Yunani merupakan negara asal Olimpiade. Disusul Olympic Refugee Team. Setelah itu negara lain sesuai abjad. (rag)

Foto: Komite Olimpiade Indonesia

Komentar