Nike mengeluarkan iklan di media sosial berjudul "Winning Isn’t for Everyone | Am I a Bad Person". Ternyata iklan berdurasi 1 menit 30 detik tersebut berbuntut panjang. Sebab, tidak ada Kevin Durant dalam iklan yang menampilkan seluruh duta merek tersebut. Padahal, KD adalah atlet Nike dengan kontrak seumur hidup. 

Nike membuat iklan spesial tersebut untuk Olimpiade Paris 2024. Menampilkan para atlet di bawah payung mereka, termasuk LeBron James, Victor Wembanyama, Serena Williams, hingga Sha'carri Richardson. Tetapi dalam iklan yang disulih suara oleh Willem Dafoe tersebut, tidak ada wajah Kevin Durant. 

Durant adalah juara NBA dua kali, anggota Tim Nasional Amerika Serikat, dan, yang lebih menonjol, seorang atlet yang menandatangani kesepakatan seumur hidup dengan Nike. Faktanya, hanya ada tiga pemain dengan kontrak seperti ini. Selain KD ada LeBron James dan Michael Jordan. Durant pertama kali menandatangani kesepakatan kemitraan dengan Nike pada tahun 2007, saat baru keluar dari Texas saat menjadi bagian dari Oklahoma City Thunder. 

Kelalaian tersebut tampaknya membuat kesal peraih 14 kali penghargaan All-Star tersebut, yang meluncurkan lini sepatu Nike miliknya sendiri pada tahun 2009. Durant kemudian mengunggah dua foto dirinya dengan medali emas selama Olimpiade 2016 dan 2021 di Rio dan Tokyo. Rasa sakit KD karena tidak menjadi bagian dari iklan Nike sangat terasa. Sampai-sampai Durant ingin semua orang mengetahui rasa frustrasinya.

"Telah bersama kalian semua di setiap langkah @nike," lanjut Durant. "Bahkan selama Olimpiade karantina @nike."

 

Agen Durant, Rich Kleiman, juga ikut menanggapi sindiran media sosial terhadap Nike. Ia menambahkan keunggulan statistik. Durant adalah pencetak poin terbanyak sepanjang masa dalam sejarah Tim AS dan peraih tiga medali emas. Kliema malah berterima kasih kepada Kith atas perlengkapan Basket AS, dengan mengatakan, "Senang sekali bisa bertemu langsung."

Kesalahan pemilihan salah satu bintang terbesar Nike bukanlah preseden yang baik bagi perusahaan tersebut. Nike sebelumnya juga sudah menuai kecaman atas banyak hal. Mulai dari desain sepatu, hingga pemasaran yang dirasa kurang tepat. 

Ada anggapan bahwa tidak adanya KD dalam iklan Nike untuk Olimpiade Paris 2024 disebabkan karena dirinya absen dalam pertandingan pemanasan karena cedera. Durant belum bermain dalam satu pun pertandingan pemanasan Amerika menuju Paris karena cedera betis yang dialaminya. Tetapi sampai sekarang belum ada perubahan keputusan yang diambil USA Basketball terkait KD. Dengan kata lain, mungkin penggemar bintang NBA itu akan dapat melihatnya bersinar secara langsung di Paris 2024.

Sementara itu, sampai berita ini diturunkan, belum ada jawaban dari Nike tentang kritik dari Durant. (*)

Foto: USA Basketball

Komentar