Greatest of All Time (GOAT) menjadi salah satu hal yang menarik diperbincangkan. Masing-masing orang punya versi masing-masing. Ada Michael Jordan, LeBron James, Kobe Bryant, Kareem Abdul-Jabbar, dan masih banyak lagi. Joel Embiid percaya diri ia juga memiliki kapabilitas masuk jajaran itu.

Tapi ada satu hal yang menghalanginya. Dalam wawancara dengan New York Times, Embiid mengungkapkan bahwa cedera membuatnya tidak bisa memaksimalkan potensinya. Pemain Philadelphia 76ers itu yakin, jika kondisinya lebih sehat, ia bisa mendapatkan lebih dari capaian saat ini.

“Saya pikir saya punya kemampuan untuk masuk pembicaraan GOAT. Saya memang berbakat. Tentunya saya perlu memenangkan NBA dan untuk melakukannya saya membutuhkan pemain lain. Saya tidak dapat melakukannya sendiri,” kata Embiid.

“Saya sangat ingin menang. Namun jika tidak, Anda harus memahami bahwa selama melakukan hal yang benar, jika hal itu tidak terjadi, mungkin hal itu memang dimaksudkan untuk terjadi,” lanjutnya.

Embiid dinobatkan sebagai MVP NBA 2023. Tetapi ia juga tidak terlalu mujur. Embiid melewatkan dua tahun pertama kariernya karena cedera kaki. Selain itu, Embiid melewatkan 204 pertandingan karena cedera. Jika ditotal, 204 gim hampir 2,5 musim (satu musim = 82 gim)

“Kalau dipikir-pikir, hal yang selama ini menghalangi saya adalah cedera parah. Setiap babak playoff, musim reguler, lutut atau wajah saya cedera dua kali. Selalu terjadi cedera parah di waktu yang tidak tepat,” kata pilihan No. 3 NBA Draft 2014 itu.

Dengan aturan baru NBA, peluang Embiid untuk mendapat penghargaan individu juga berkurang. Sejak musim 2023-2024, NBA memberlakukan aturan minimal 82 gim dengan minimal 20 menit tiap gim.

Nah, Embiid sudah merasakan dampaknya musim lalu. Ia kehilangan peluang mempertahankan MVP. Pada musim 2023-2024, Embiid hanya bermain 39 gim. Terendah sejak debut di NBA pada 2016 atau dua tahun setelah cedera. Tidak hanya MVP. Ia juga gagal hattrick top skor meski memiliki rataan 34,7 poin per gim.

Selama 10 musim di NBA, dengan delapan musim aktif, Embiid masuk tujuh kali All-Star dan menjadi All-NBA First Team 2023. Embiid dua kali menjadi top skor liga pada 2022 (30,6) dan 2023 (33,1). (rag)

Foto: Getty Images

Komentar