Setelah berpindah tiga tim dalam dua musim kompetisi, Spencer Dinwiddie kembali ke Dallas. Menurut Shams Charania dari The Athletic, Dinwiddie telah menyetujui kontrak satu tahun Mavericks. Dinwiddie terakhir kali bermain untuk Mavericks pada musim NBA 2022-2023 sebelum ditukar ke Nets. 

Pemain berusia 30 tahun itu bermain untuk Brooklyn Nets musim lalu sebelum ditukar sebelum "trade deadline". Dinwiddie awalnya dikirim ke Toronto Raptors, tetapi kemudian dibebaskan dan kemudian dikontrak oleh Los Angeles Lakers. Bersama Lakers, Dinwiddie rata-rata mencetak 6,8 poin, 1,7 rebound, dan 2,4 asis per gim. 

Tim Mavericks memang berminat untuk mendatangkan Dinwiddie, Dennis Smith Jr., dan Talen Horton-Tucker untuk membangun roster barunya. Tetapi menurut Marc Stein, dari ketiga pemain tersebut Dinwiddie dianggap sebagai yang paling dikejar oleh manajemen Mavericks. 

Dinwiddie diperdagangkan dari Mavericks ke Brooklyn Nets sebagai bagian dari kesepakatan yang membawa Kyrie Irving ke Dallas pada tahun 2023. Ia kemudian diperdagangkan dari Brooklyn ke Toronto musim lalu. Ia hampir bergabung kembali dengan Mavericks pada "trade deadline", tetapi akhirnya memilih Lakers. 

Selama musim 2021-2022, setelah Dinwiddie ditukar dari Wizards ke Mavericks, ia mencetak rata-rata 15,8 poin dengan akurasi tembakan 49,8 persen sebagai pemain pengganti. Ia tampil gemilang sebagai pemain di lini kedua Mavericks pada playoff dengan rata-rata 14,2 poin dengan akurasi 41,7 persen dari tri poin. Mengingat kecocokannya dengan tim saat itu, ia pasti akan kembali menjadi pemain yang ideal di lini belakang dengan memanfaatkan umpan dari Luka Doncic dan Kyrie Irving.

Namun masih harus dilihat seberapa besar peran yang akan dimilikinya, mengingat naiknya garda muda Jaden Hardy di babak playoff, dan Quentin Grimes, serta Dante Exum di daftar pemain. Exum dan Grimes memberi Mavericks lebih kuat dalam pertahanan daripada yang dapat dilakukan Dinwiddie. Selain itu, Hardy telah membuktikan bahwa ia layak mendapatkan lebih banyak menit. Mungkin sulit untuk mendapatkan menit bermain bagi Dinwiddie musim depan, tetapi memilikinya sebagai pilihan di bangku cadangan bukanlah hal yang buruk bagi tim Dallas yang ingin kembali ke Final NBA lagi musim depan. (*)

Foto: dallasbasketball.com

Komentar