Sam Hauser telah menjadi bagian penting tim Boston Celtics dalam meraih gelar juara NBA 2024. Oleh karenanya, manajemen memutuskan untuk memberinya hadiah, berupa kontrak baru berdurasi empat tahun dengan jaminan penuh. Seperti yang dilaporkan Adrian Wojnarowski dari ESPN, kontrak tersebut ditetapkan senilai 45 juta dolar Amerika. Pemain berusia 27 tahun ini telah bermain selama tiga musim sebelumnya dengan Celtics setelah tidak terpilih dalam Draft NBA 2021.

Sam Hauser dan Boston Celtics menyetujui perpanjangan kontrak berdurasi empat tahun yang dijamin sepenuhnya, senilai 45 juta dolar Amerika. Celtics merekrut Hauser sebagai pemain rookie undrafterd pada tahun 2021 dan ia terus berkembang menjadi salah satu penembak jitu terbaik liga dari bangku cadangan. Musim lalu, Hauser memainkan 98 pertandingan, termasuk babak playoff, dan mencetak rata-rata 9,0 poin per pertandingan, 3,5 rebound, dan 1,0 asis, dengan 42,4 persen tembakan tiga angka yang mengesankan.  

Hauser memasuki musim terakhir kontraknya untuk musim 2024-2025, dan sekarang siap berkomitmen hingga musim panas 2029. Sementara Hauser akan menerima gaji tahunan rata-rata lebih dari 11 juta per tahun. Perpanjangan kontrak Hauser juga berarti Celtics akan punya gaji keseluruhan setidaknya 225 juta dolar Amerika di musim 2025-2026. Itu juga disertai dengan denda pajak mewah sebesar 210 juta dolar, yang tertinggi dalam sejarah NBA.

Sebelumnya, Celtics telah memberikan perpanjangan kontrak maksimal kepada Jayson Tatum dan Derrick White pada offseason ini dengan total 440 juta dolar Amerika. Celtics juga sudah memberikan Jaylen Brown perpanjangan kontrak supermaksimal pada bulan Juli tahun lalu, dan Jrue Holiday perpanjangan kontrak maksimal empat tahun sebelum babak playoff. Kristaps Porzi?gis akan memasuki musim pertama dari perpanjangan kontrak dua tahun senilai 60 juta dolar Amerika yang ditandatanganinya saat ia diperdagangkan ke Boston pada Juni 2023. Kabar lain menyebut Celtics juga mengontrak kembali Xavier Tillman, Luke Kornet, dan Neemias Queta bulan ini.

Celtics akan berada di apron kedua selama dua tahun ke depan, yang menyebabkan pilihan putaran pertama tahun 2032 dan 2033 dibekukan. Masa depan Hauser di Boston menjadi tidak pasti ketika tim merekrut Baylor Scheierman bulan lalu. Pemain berusia 23 tahun dari Creighton tersebut memiliki keahlian serupa dengan Hauser. Namun, kini Hauser bisa tidur nyenyak setelah Celtics memutuskan untuk memberikan perpanjangan kontrak. 

Meskipun Celtics telah berkomitmen untuk membayar gaji terbesar dalam sejarah NBA. Sebagian besar perpanjangan yang mereka tandatangani tahun lalu adalah untuk nilai pasar yang wajar dan kemungkinan dapat diperjualbelikan. Jika Celtics mengurangi gaji untuk keluar dari apron kedua dalam waktu dekat, itu akan menjadi masalah bagi pemilik tim berikutnya. Karena pemilik Celtics sekarang, Wyc Grousbeck, mengajukan penjualan tim tak lama setelah memenangkan gelar juara NBA pada bulan Juni 2024. (*)

Foto: New York Times

Komentar