Russell Westbrook memiliki dampak yang cukup signifikan untuk Los Angeles Clippers. Setidak untuk menambah jumlah pengikut di media sosial. Setelah Westbrook angkat kaki dari Los Angeles, Clippers kehilangan 1,5 juta pengikut di Instagram.

Jumlah itu sangat besar. Saat ini Clippers hanya memiliki 5,2 juta pengikut. Saat masih ada Westbrook sebagai pemain mereka, ada 6,7 juta yang menjadi pengikut Clippers. Jumlah itu merosot dalam waktu hanya sehari setelah kabar Westbrook pindah tim.

Penurunan besar itu menunjukkan bahwa Westbrook memiliki popularitas dan pengaruh terhadap basis penggemarnya. Ditambah lagi, selain Westbrook, Clippers tidak bisa mempertahankan Paul George. Dua pemain itu merupakan pemain dari California.

Westbrook lahir di Long Beach, Los Angeles, bersekolah di Leuzinger High School, Lawndale, California. Kemudian masuk di University California, Los Angeles (UCLA). Westbrook benar-benar lahir dan tumbuh di Los Angeles.

George juga dari Los Angeles. Tepatnya ia lahir di Palmdale. George bersekolah di Knight High School, Palmdale. Ia kuliah di Fresno State University di Fresno, California. Saat dua pemain kebanggaan California pergi, penggemar semakin pesimis dengan Clippers.

Clippers menukar Westbrook ke Utah Jazz dengan skema sign and trade. Kesepakatan itu mendatangkan Kris Dunn ke Clippers. Dunn menyetujui kontrak tiga tahun dengan nilai AS$17 juta. Selain itu, Clippers menerima hak pilih ronde dua 2030.

Sedangkan Westbrook diperkirakan akan bergabung dengan Denver Nuggets. Kesepakatan itu bisa terjadi setelah Jazz melepasnya dan melakukan boy out dengan sisa kontraknya. Jika itu terjadi, Nuggets akan menjadi tim keenam Westbrook sejak tahun 2008. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar