Joel Embiid akhirnya buka suara soal pilihannya membelas timnas. Ia memilih bermain untuk Amerika Serikat. Embiid juga menjelaskan kenapa ia tidak bermain untuk tanah kelahirannya, Kamerun, dan tidak jadi bergabung dengan Prancis.

Embiid belum pernah bermain untuk timnas manapun sebelumnya. Ia memang masuk roster Kamerun di AfroBasket 2017. Tapi tidak jadi bermain. Kemudian terkuat bahwa Embiid meminta Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk naturalisasi.

Pemain Philadelphia 76ers itu mendapat status warga negara Prancis pada Juni 2022. Tiga bulan berselang, Embiid juga menerima warga negara AS. Pada akhirnya Embiid berubah pikiran dan memilih AS. Hal ini menimbulkan reaksi kemarahan dari berbagai pihak. Terutama dari Kamerun dan Prancis.

Embiid berbicara melalui NYT Podcast. Ia memberi penjelasan kenapa tidak memilih Kamerun atau Prancis. Ternyata ini ada kaitannya dengan kedua negara tersebut. Sehingga bagi Embiid lebih baik untuk AS.

“Saya merasa terburu-buru mengambil keputusan itu karena saya ingin memiliki waktu sebanyak mungkin dan itu tidak membantu mengingat Prancis memberi ultimatum untuk membuat keputusan,” tuturnya.

“Saya tidak tahu. Saya melihat di Twitter dan, wow, darimana asalnya ini? Hal perlu diketahui adalah Kamerun adalah pilihan pertama saya. Jika mereka lolos, saya akan bermain untuk mereka karena disanalah saya berasal. Itu impian saya bermain di Olimpiade.”

Nyatanya Kamerun tidak lolos Olimpiade Paris 2024. Mereka Kamerun menang pra-kualifikasi dan berhak tampil di Olympic Qualifying Tournament 2 di Riga, Latvia. Tapi mereka kalah di semifinal oleh Latvia.

“Satu hal yang membuat saya terganggu adalah hubungan antara Prancis dan Kamerun. Dan negara-negara Afrika secara umum dan historis. Bahkan sampai saat ini. Bahkan masih banyak penolakan dan mengusir Prancis karena penjajahan mereka selama bertahun-tahun,” tuturnya.

“Itulah yang saya pikirkan. Keluarga saya di Kamerun dan saya tidak ingin membuat mereka mengalami hal yang buruk karena saya bermain untuk Prancis. Saya ingin mereka aman dan hubungan Prancis dan Kamerun atau Afrika secara umum tidak baik.”

Embiid merasa bingung. Disisi lain ia sangat ingin bermain di Olimpiade. Tapi peluang Kamerun lolos sangat kecil. Bahkan Sudan Selatan menjadi satu-satunya wakil Afrika di Olimpiade Paris 2024.

Prancis menjadi pilihan karena mereka langsung lolos sebagai tuan rumah. Mungkin itu sebabnya Embiid meminta kewarganegaraan Prancis. Setelah itu ada pilihan yang lebih baik dan peluang menangnya besar pula. Yakni masuk tim nomor satu dunia, AS. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar