Timnas Amerika Serikat harus berterima kasih kepada LeBron James. Kalau layup LeBron tidak berhasil, AS bisa kalah dari Sudan Selatan. Ya, Sudan Selatan, tim yang baru akan debut di Olimpiade. Tim dengan peringkat terbawah dari 12 peserta Olimpiade Paris 2024.

AS hanya bisa menang tipis 101-100 dalam uji coba keempat yang berlangsung di O2 Arena, London, Inggris. Dalam empat uji coba, AS memang tidak terkalahkan. Mereka menang dari Kanada, Australia, dan Serbia. Selain Sudan Selatan, ada Australia yang membuat AS kerepotan.

Dalam pertandingan melawan Sudan Selatan tersebut, AS hampir selalu dalam kondisi tertinggal. Pada paruh pertama, Sudan Selatan bahkan memimpin 58-44. AS terus mengejar di kuarter berikutnya dan baru berhasil di akhir kuarter ketiga.

Sudan Selatan seolah akan memenangkan gim dan membuat sejarah. Di sisa 20 detik, JT Thor melesakkan tripoin yang membuat timnya unggul 100-99. Untungnya AS diselamatkan oleh LeBron di sisa waktu delapan detik.

AS menurunkan starter LeBron James, Stephen Curry, Joel Embiid, Jrue Holiday, dan Devin Booker. LeBron mencetak 25 poin, 6 rebound, dan 7 asis. Anthony Davis 15 poin, Joel Embiid 14 poin dan 7 rebound, serta Curry 10 poin.

“Jangan meremehkan Sudan Selatan. Mereka bermain dengan luar biasa bagus. Itulah alasan pertandingan ini memiliki selisih kemenangan yang sangat tipis. Tidak semua keunggulan ditentukan di atas kertas,” ungkap LeBron usai pertandingan.

Nah, ini bukan pertemuan terakhir. Sudah Selatan bisa saja membuat balasan. Mungkin. Sebab, mereka berada satu grup di Olimpiade Paris 2024. Mereka masuk Grup C bersama Serbia dan Puerto Rico.

AS masih tetap di London. Mereka akan menjalani uji coba terakhir melawan juara dunia 2023 Jerman. Pertandingan akan berlangsung pada besok lusa di lokasi yang sama. Setelah itu para peserta akan bertolak ke Prancis. Gim pertama Olimpiade berlangsung pekan ini pada tanggal 27 Juli 2024. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar