adidas sudah menghapus foto-foto Bella Hadid dari semua media sosialnya, terkait iklan produk sepatu SL72. Mereka mendapatkan kecaman dari sejumlah pihak, terutama karena ketertibatan supermodel Palestina tersebut dalam kampanye iklan yang merujuk pada Olimpiade Munich 1972. Lebih jauh, adidas tidak mau terlibat dalam ketegangan geo-politik antarnegara. 

Awalnya, adidas meluncurkan sepatu retro SL72. Hadid dipilih sebagai wajah kampanye SL72, merayakan ulang tahun ke-52 Olimpiade Munich dengan menghidupkan kembali sepatu kets klasik Adidas dari tahun 1970-an. Sekadar informasi bahwa pada Olimpiade Munich 1972, terjadi peristiwa berdarah, di mana 11 warga Israel, seorang polisi Jerman dan lima orang Palestina tewas setelah terjadi baku tembak. 

Masalah kemudian muncul dari keikutsertaan Bella Hadid, seorang model Palestina-Amerika yang telah menjadi kritikus vokal Israel selama konflik Gaza. Secara tidak langsung, adidas seperti memanaskan suasana. Akhirnya, merek olahraga asal Jerman itu mengatakan pada hari Jumat, waktu setempat, bahwa mereka akan merevisi iklan tersebut.

"Kami menyadari bahwa ada keterkaitan antara peristiwa tragis dalam sejarah, meskipun itu sama sekali tidak disengaja, dan kami mohon maaf atas segala kekecewaan atau tekanan yang ditimbulkan," kata perusahaan itu dalam pernyataan yang dikirim ke kantor berita AFP.

Tetapi pernyataan adidas tersebut tidak lantas membuat media sosial tenang. Ada banyak unggahan di media sosial menyatakan dukungannya terhadap Hadid, mengkritik adidas karena memecat model tersebut, dan menyerukan boikot perusahaan tersebut. 

Sementara, untuk meredam suasana adidas mengatakan akan melanjutkan kampanye SL72 dengan wajah-wajah terkenal lainnya, termasuk pesepakbola Jules Kounde, penyanyi Melissa Bon dan model Sabrina Lan. (*)

Foto: Financial Times

Komentar