FIBA resmi mengumumkan daftar wasit yang akan bekerja di Olimpiade Paris 2024 mendatang. Tiga puluh nama wasit dipilih dari seleksi yang melibatkan 40 wasit FIBA. Mereka akan memimpin di turnamen bola basket Olimpiade putra dan putri.

Sebanyak 40 wasit sebelumnya menjalani persiapan intensif selama 13 minggu. Setelah proses ini selesai, FIBA memilih 30 wasit yang akan bekerja di Paris. Usia rata-rata wasit adalah 40 tahun. Wasit termuda berusia 31 tahun, sedangkan wasit tertua berusia 52 tahun. Pengalaman rata-rata dalam acara FIBA ??adalah 12 tahun. Wasit EuroLeague tidak termasuk di antara 30 wasit yang dipilih dalam daftar ini. 

Kriteria seleksi didasarkan pada metrik kinerja terkini. Beberapa faktor utama yang dipertimbangkan adalah kesadaran taktis, proses di balik keputusan, kerja sama tim, kolaborasi, fleksibilitas mental, dan ketahanan. Akan ada tujuh wasit wanita di acara tersebut, meningkat dari lima wasit yang bertugas di Turnamen Tokyo 2020. 

"Tugas kami adalah memastikan bahwa pemain terbaik di seluruh dunia dapat menunjukkan keterampilan mereka sambil mempertahankan sifat dinamis olahraga kami," kata Carl Jungebrand, Kepala Wasit FIBA. 

"Kami terus berupaya untuk memperkenalkan elemen-elemen baru yang kami yakini dapat meningkatkan kinerja wasit di lapangan secara signifikan. Inilah sebabnya FIBA ??menetapkan Program Pra-Kompetisi untuk para wasit sebagai standar baru setahun yang lalu."

Turnamen Bola Basket Olimpiade Putra dan Putri akan berlangsung dari 27 Juli hingga 11 Agustus, dengan Fase Grup masing-masing kompetisi akan dimainkan di Lille. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar