Gilbert Arenas menilai Kawhi tidak mengundurkan diri dari Timnas Amerika Serikat. Melainkan ia dicoret dari roster. Pernyataan Arenas senada dengan Los Angeles Clippers yang menyebut mereka tidak menghalangi Kawhi bermain di Olimpiade Paris 2024.

“Grant Hill (Managing Director USA Basketball) mengatakan bahwa Kawhi tersingkir. Saat Anda mendengar Grant Hill berbicara, sepertinya Kawhi tidak mengundurkan diri. Terdengar seperti, mereka (Timnas AS) memutuskan mengambil langkah lain,” kata Arenas dalam siniar Gil’s Arena.

USA Basketball secara mengejutkan mengumumkan Kawhi mundur dari timnas pada 10 Juli 2024. Itu terjadi sehari sebelum uji coba melawan Kanada. Pemain Los Angeles Clippers itu telah mengikuti sesi latihan selama empat hari dan foto resmi tim.

Baca juga: Clippers Membantah Tidak Merestui Kawhi ke Olimpiade

“Ayolah, kawan. Jika mereka benar-benar seperti itu saat Kawhi berlatih bersama mereka selama sepekan, mereka akan mengatakannya saat itu juga. Mereka akan mengatakan, ‘Kami tidak ingin dia bermain, kami tidak ingin dia pergi. Itu bukan salah mereka. Hanya Kawhi tidak cukup baik disana,” lanjut Most Improved Player 2003 itu.

Arenas menekankan jika ada kekhawatiran mengenai kondisi kesehatan Kawhi, Timnas AS pasti akan mengatasinya saat Kawhi berlatih. Sebaliknya, Arenas meyakini keputusan ini lebih soal kecocokan daripada kebugaran.

Dalam pernyataan USA Basketball mengutip “kepentingan terbaik” Kawhi sebagai alasan pencoretan namanya. Dalam beberapa musim terakhir Kawhi mengalami cedera. Tetapi jumlah gimnya bertambah hingga 68 gim pada musim 2023-2024. Terbanyak sejak tahun 2019.

USA Basketball memanggil Derrick White untuk menggantikan Kawhi. Sementara itu, kondisi tidak fit sedang dialami Kevin Durant. Pemain Phoenix Suns itu mengalami cedera betis. Ia menjalani sesi latihan terpisah dan tidak bermain di tiga gim uji coba. Hanya saja USA Basketball masih tetap membawa KD. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar