Kevin Durant mengalami cedera betis selama dua pekan terakhir. Ia telah melewatkan uji coba melawan Kanada pada 10 Juli 2024 lalu. Pemain Phoenix Suns itu diperkirakan juga akan menepi lagi saat Timnas Amerika Serikat menjalani uji coba kedua.

Timnas AS dijadwalkan menghadapi Australia besok di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Di lokasi yang sama, AS juga melakukan uji coba dengan Serbia. Uji coba ketiga dilaksanakan pada 17 Juli 2024.

Sejauh ini, USA Basketball menginformasikan bahwa kondisi KD terus dipantau hari demi hari. Mereka tidak memiliki opsi untuk mengganti pemain Phoenix Suns tersebut. KD dikhawatirkan bisa melewatkan Olimpiade Paris 2024 jika kondisi belum membaik.

KD sendiri telah melewatkan latihan pertama di Abu Dhabi. Ia memang terlihat hadir di New York University Abu Dhabi. Tetapi sekali lagi, KD tidak ikut serta rekan-rekannya melahap sesi latihan.

Pelatih AS Steve Kerr menegaskan pihaknya belum membahas rencana darurat apapun terkait kondisi KD. “Dia tidak akan berlatih dengan tim hari ini. Dia akan terus melakukan latihan individu,” kata Kerr dilansir melalui laman Yahoo Sports.

Olimpiade tinggal menghitung hari. Pembukaan Olimpiade Paris 2024 dilaksanakan pada 26 Juli mendatang. Pertandingan basket berlangsung pada 27 Juli hingga 10 Agustus 2024. AS akan menjalani laga perdana Olimpiade melawan Serbia pada tanggal 28 Juli 2024 di Pierre Mauroy Stadium, Lille.

“Saya tahu masih ada beberapa pekan sebelum kami memutuskan untuk mengganti daftar pemain. Jadi, kami akan memantaunya hari demi hari. Tetapi ini bukan sesuatu yang kami diskusikan saat ini karena kami senang (KD) akan baik-baik saja,” tutur Kerr.

AS sempat mengganti roster. Kawhi Leonard mengundurkan diri. Ia ingin mempersiapkan musim mendatang dengan Los Angeles Clippers. Derrick White menjadi pengganti. White telah bergabung dengan rekan-rekannya di Abu Dhabi.

Setelah menyelesaikan agenda di Abu Dhabi, AS akan melanjutkan perjalanan ke London, Inggris. Mereka melakukan uji coba dengan Sudan Selatan (20/7) dan Jerman (22/7). Kemudian bertolak menuju Prancis. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar