Ben Simmons sepertinya sudah tidak berniat bermain di NBA. Pendapat itulah yag ada dalams ebagain besar orang. Termasuk Stephen A. Smith. Analis NBA itu jengkel dengan sikap Simmons yang terus menerus beralasan cedera.

 

Smith tidak segan-segan menyebut Simmons sebagai seorang pencuri. Dalam wawancara di siniar OG’s, Smith menilai Nets membuang-buang uang dengan membiayai Simmons. Padahal kontribusinya sendiri sangat minim untuk tim.

“Satu-satunya cedera yang pernah saya pertanyakan adalah cederanya Si Ben Simmons itu. Dia beruntung tidak dipenjara karena melakukan pencurian. Saya yakin dia bisa dimana saja untuk fokus dan pemulihan yang tidak kunjung ada hasilnya itu. Selanjutnya dia memilih Miami? Ya, saya yakin dia kesini,” tegas Smith.

Simmons tidak bermain sepanjang musim 2021-2022. Awalnya karena tidak mau bermain dengan Philadelphia 76ers dan meminta pertukaran. Sixers menurutinya dengan mengirimnya ke Brooklyn Nets dan ditukar dengan James Harden.

Nets kebagian apesnya. Selama 2,5 tahun di New York, Simmons hanya bermain dalam 57 gim. Pada musim 2023-2024, Simmons melantai 15 gim dengan rata-rata 6,1 poin. Selebihnya cedera punggung atau yang lainnya.

“Saya tahu dia tidak bisa menembak tetapi dia memiliki keahlian yang lainnya. Dia hanya tidak ingin bermain dan tidak menyukai permainan. Saya tidak mengatakan dia tidak cedera tapi dia tidak mencintai basket,” lanjut Smith.

“Dia melewatkan pertandingan (dengan Sixers) sebelum cedera. Dia ada masalah kesehatan mental. Kita tidak bisa mengabaikan kesehatan mental. Alasan saya mengkritiknya adalah karena dia tidak pernah merasa tidak enak karena selalu digaji penuh.”

Baca juga: Sindiran Menusuk Shaquille O’Neal untuk Ben Simmons

Tidak hanya Smith yang merasa jengkel. Kritikan serupa juga pernah dilontarkan oleh Shaquille O’Neal. Mantan pemain Los Angeles Lakers itu menyebut Simmons makan gaji buta.

Di sisi lain, tujuan Nets masih belum jelas. Mereka kandas 4-0 oleh Sixers di Playoff 2023. Nets finis di posisi ke-11 Wilayah Timur dengan rekor 32-50. Rekor terburuk mereka dalam enam musim terakhir. Nets pun melepas Mikal Bridges ke New York Knicks pada musim panas ini.

Sebenarnya Simmons merupakan salah satu pemain yang diprediksi bersinar. Dia menjadi No. 1 di NBA Draft 2016. Jadi Rookie of the Year 2018 meski absen semusim karena cedera pergelangan kaki. Simmons masuk tiga All-Star pada 2019-2021. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar