Caitlin Clark tidak henti-hentinya membuat sensasi di WNBA. Di balik karier debutnya yang cemerlang, ternyata ada pula catatan buruknya. Clark telah menjalani musim yang luar biasa bersama Indiana Fever, ia baru saja mencapai tonggak sejarah yang "tidak diinginkan" oleh pemain WNBA mana pun.

Mantan pemain Iowa ini menjalani musim yang mengesankan, membantu timnya berkembang secara signifikan. Namun, ia juga telah memecahkan rekor yang tidak diinginkan, yang juga tidak ingin dimiliki oleh pemain debutan mana pun dalam catatan kariernya. 

Dalam 23 pertandingannya sebagai pemain basket profesional, Caitlin Clark telah memecahkan beberapa rekor. Para penggemar sangat ingin melihatnya tampil, karena ia membantu rekan satu timnya dan mencetak poin luar biasa di seluruh lapangan. Meski begitu, permainan Clark masih jauh dari kata sempurna. Clark kesulitan dengan beberapa aspek permainan yang masih harus dia sesuaikan dalam transisi dari kuliah ke profesional, karena WNBA sangat berbeda dengan NCAA.

Selama pertandingannya yang ke-23 di WNBA, Indiana Fever menderita kekalahan tipis 84-89 melawan Washington Mystics. Selain kekalahan ini, Caitlin Clark melakukan lima turnover. Dengan demikian, dia mencapai 127 turnover musim ini, yang terbanyak untuk seorang pemula dalam satu musim sejak bintang Mystics Nikki McCray, yang melakukan 126 turnover pada tahun 1998. 

Dua hari kemudian, Clark membawa Fever menang 95-86. Dalam pertandingan tersebut dia menambah jumlah turnover-nya menjadi 133 kali dalam 24 pertandingan. Sehingga Clark sudah melampaui catatan buruk Nikky McCray. 

Sayangnya, turnover Clark tidak akan berhenti di situ. Sampai hari ini, ia sedang dalam perjalanan untuk memecahkan rekor turnover terbanyak dalam satu musim untuk pemain WNBA mana pun. Dikutip dari data ESPN, bahwa ada Alyssa Thomas yang saat ini memimpin daftar turnover terbanyak dalam satu musim dengan 137 turnover. Sehingga Clark hanya butuh empat turnovers lagi untuk memecahkan rekor turnover paling banyak dalam sejarah WNBA. 

Jika WNBA punya 40 pertandingan, berarti Clark masih akan memainkan 16 pertandingan lagi di WNBA. Sementara dengan rata-rata turnover 5,5 per gim, maka diprediksi Clark akan menambah setidaknya 88 turnover lagi. Tapi bisa jadi berkurang, setelah banyak media yang membicarakannya. 

Caitlin Clark adalah salah satu pemain yang dipilih untuk pertandingan WNBA All-Star. Namun, masih belum pasti apakah ia akan berpartisipasi dalam kontes tripoin yang dijadwalkan pada 20 Juli mendatang. (*)

Foto: Jessica Hill - AP

Komentar