Raksasa pakaian olahraga, Nike telah meluncurkan koleksi alas kaki elit baru menjelang Olimpiade Paris 2024. Perusahaan telah mengembangkan teknologi bantalan Nike Air dalam empat desain baru sebagai bagian dari koleksi yang disebut "Blueprint Pack". Paket lengkap Nike meliputi sepatu basket Nike GT Hustle 3, sepatu sepak bola Nike Mercurial 2024, sepatu lari Nike Victory 2, dan Nike Maxfly 2 untuk lari cepat dan lari lintasan jarak menengah.

"Olimpiade merupakan ajang olahraga terbesar, para atlet telah berlatih sepanjang hidup mereka untuk mempersiapkan diri menghadapi ini," ungkapnya kepala desain Nike, Martin Lotti. "Berada di industri olahraga, merancang peralatan olahraga untuk alas kaki dan pakaian, ini juga merupakan momen puncak bagi kami." 

Persaingan antara merek untuk mengembangkan alas kaki berperforma tinggi yang semakin meningkat untuk acara olahraga besar telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Terutama dalam lari maraton dengan apa yang disebut "perang sepatu super" , di mana pengembangan sepatu hampir bersamaan dengan pemecahan rekor waktu lari. Dalam dekade terakhir, Nike berfokus terutama pada busa ringan dan pelat serat karbon bergaya papan loncat, tetapi dengan rilis terbarunya, Nike beralih ke pengoptimalan teknologi Air-nya. 

Nike Air di sol Nike Victory 2 dirancang untuk memberikan stabilitas lebih baik bagi pelari lintasan
Kecerdasan buatan (AI) dan pemodelan digital yang lebih baik telah memungkinkan siklus inovasi udara yang mendorong solusi yang lebih baik, lebih cepat, lebih efisien. Dikombinasikan dengan kumpulan data besar Nike yang diambil dari rekaman atlet di lab penelitiannya, hal itu memungkinkan untuk mensimulasikan bagaimana desain alas kaki akan bekerja, bereaksi terhadap beban dan berat tanpa perlu membuat prototipe fisik, jelas merek tersebut.

Meskipun Nike belum mengungkapkan pembaruan apa pun pada sepatu maraton pemecah rekornya, Alphafly 3, untuk menandai Olimpiade Paris, namun dikatakan bahwa kemajuan dalam Nike Air memungkinkan sistem tersebut diaplikasikan pada sepatu olahraga khusus lainnya dengan cara baru. Misalnya, dikatakan bahwa sepatu larinya kini memiliki profil menghadap tanah yang lebih datar untuk memberikan stabilitas yang lebih baik bagi para atlet. Sementara lapisan ganda Nike Air Zoom pada Nike GT Hustle 3 memberikan pengembalian energi yang lebih baik kepada pemain basket. 

Lapisan Air Zoom empat milimeter yang sangat tipis di Nike Mercurial 2024, yang disempurnakan dari versi sebelumnya tahun 2022, memudahkan pesepakbola untuk berhenti dan berakselerasi di tanah lunak, menurut merek tersebut.

Nike Air, kantong udara bertekanan yang tertanam dalam sol sepatu, pertama kali digunakan di bagian midsole sepatu lari Nike Tailwind pada tahun 1978 dan sejak saat itu telah ditampilkan di seluruh jajaran alas kaki pabrikan tersebut. Nike mengatakan teknologi AI telah memungkinkannya menggunakan sistem bantalan Nike Air Zoom dalam format baru di Nike Pegasus Premium. 

"Blueprint Pack" akan dirilis ke publik pada bulan Juli, menampilkan total 13 sepatu yang diidentifikasi dengan skema warna putih, oranye, dan biru yang menurut Nike terinspirasi oleh gambar di buku sketsa salah satu pendiri perusahaan, Bill Bowerman. (*)

Foto: Nike.com

Komentar