Setiap empat tahun, tim nasional Amerika Serikat dituntut untuk menguasai lapangan basket di panggung Olimpiade Musim Panas. Dan, tahun ini, setelah kekalahan menyakitkan di Final FIBA Basketball World Cup 2023, tim AS tidak hanya berlatih keras untuk merebut medali emas. Mereka juga menampilkan bintang-bintang kelas atas. Namun jangan salah, ini juga bisnis besar. Merek pakaian olahraga bersaing untuk mendapatkan posisi, dan tim AS yang paling mendapatkan sorotan. 

Olimpiade merupakan kesempatan bagi para pemain untuk memperkenalkan sepatu basket khas mereka dengan desain merah, putih, dan biru yang mencolok kas Amerika Serikat. Sekarang, untuk Olimpiade Paris 2024, tim AS seperti "Avengers" yang berkumpul untuk satu pertempuran epik terakhir. Memasukkan pemain-pemain seperti LeBron James , Steph Curry, Devin Booker, Kevin Durant, Bam Adebayo, dan Jayson Tatum.

Dengan daftar pemain yang dimiliki, maka muncullah sejumlah besar sepatu basket khas dari merek-merek raksasa seperti Nike dan adidas serta pendatang baru dalam olahraga ini seperti Skechers.

Nike punya enam pemain dalam roster tim AS di Olimpiade Paris 2024. Tidak mengherankan bila Nike memiliki pemain terbanyak dalam daftar pemain tim AS. Merek Amerika yang klasik ini telah menjadi sponsor pakaian resmi untuk tim AS selama bertahun-tahun. Ada enam pemain yang disponsori Nike, yaitu LeBron James, Kevin Durant, Devin Booker, Anthony Davis, Jrue Holiday, dan Tyrese Haliburton.

Kemudian Jordan Brand memiliki dua pemain. Michael Jordan dan "The Dream Team" membantu menjadikan bola basket sebagai olahraga global selama Olimpiade 1992 di Barcelona, Spanyol. Jadi, sudah sepantasnya Jordan Brand mendapatkan perwakilan pada tahun 2024. Dua pemain di tim AS yang mewakili "Jumpman", yaitu Jayson Tatum dan Bam Adebayo.

Sementara itu, ada merek yang mengalami kerugian besar dalam pemilihan pemain basket AS, yaitu adidas. Karena James Harden, Damian Lillard, dan Trae Young tidak terpilih. Padahal mereka adalah tiga duta andalan adidas. Sehingga satu-satunya pemain di tim AS yang mengenakan adidas adalah Anthony Edwards.

Apa lagi yang bisa dicapai Stephen Curry? Ia telah memenangkan dua penghargaan NBA MVP dan empat gelar juara NBA serta mengukuhkan dirinya sebagai penembak luar terbaik sepanjang masa. Dalam kesempatan terakhirnya, Curry akan bermain untuk tim USA dan menempatkan Under Armour di posisi tengah lapangan dengan mengenakan sepatu khas Curry Brand miliknya.

Merek lainnya yang akan ikut jadi sorotan adalah Skechers. Merek yang berbasis di Los Angeles ini berkembang pesat dalam olahraga profesional dan meraih kemenangan besar lainnya minggu ini. Joel Embiid akan mewakili Skechers di panggung terbesar dunia musim panas ini.

Menariknya, New Balance harus menelan kekecewaan karena Kawhi Leonard tidak jadi berangkat ke Paris. Dia digantikan oleh Derrick White. Padahal, jika Leonard tampil, maka New Balance akan punya kesempatan menampilkan produk baru. Ironisnya, meski belum ada kesepakatan sepatu, Derrick White sering memakai Nike LeBron dan Nike Kobe. Sehingga White bisa menambah daftar atlet Nike. Dalam uji coba melawan Kanada, White memakai sepatu Nike Kyrie 2. (*)

Foto: highsnobiety.com

Komentar