Tony Parker menerima kehormatan yang belum pernah diperoleh atlet Prancis lainnya. Sebuah upacara diadakan di Lyon, Prancis, di mana nomor punggung Parker secara resmi dipensiunkan oleh tim nasional bola basket Prancis. 

Parker menjadi pemain basket pertama dalam sejarah tim nasional Prancis yang nomor punggungnya dipensiunkan. Ia bermain dengan nomor 9. Parker memainkan 181 pertandingan untuk tim nasional, memenangkan medali emas di Kejuaraan Eropa 2013, perak pada tahun 2011, dan perunggu pada tahun 2005 dan 2015. Parker yang berusia 42 tahun pensiun dari basket pada tahun 2019.

Foto: Gwendoline Le Goff - Panoramic/Icon Sportswire

Kostum biru nomor 9 milik Parker diangkat ke langit-langit LDLC Arena di Decines-Charpieu setelah berakhirnya pertandingan persahabatan antara Prancis dan Serbia. Bersama pasangannya Agathe Teyssier dan kedua anaknya, Parker menyaksikan ribuan orang yang hadir bertepuk tangan untuk legenda bola basket Prancis itu.

"Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah di Prancis, dalam semua cabang olahraga beregu. Jadi, tentu saja, ketika saya diberi tahu berita itu musim panas lalu, saya terkejut. Ini sesuatu yang gila dan terlebih lagi melakukannya di Lyon," kata Parker. "Ini adalah momen penuh emosi dan cinta. Tidak pernah mudah untuk mengalaminya, apalagi jika ini adalah momen pertama dalam sejarah."

Parker sekarang adalah presiden LDLC ASVEL Villeurbanne, klub EuroLeague yang bermain di LDLC Arena. Sementara itu, timnas Prancis tergabung di grup yang berisi Jepang, Brasil, dan Jerman di babak penyisihan Olimpiade. (*)

Foto: Le Monde

Komentar