NBA merilis jadwal dan pembagian grup turnamen tengah musim (In-Season Tournament) pada hari Jumat (12/7) waktu Amerika Serikat. Turnamen yang kini namanya berubah jadi Emirates NBA Cup tersebut akan dimulai 12 November, dan berlangsung hingga pertandingan final di Las Vegas pada tanggal 17 Desember 2024.

Los Angeles Lakers mengalahkan Indiana di final turnamen perdana tahun lalu, yang menjadi puncak acara di mana liga menggunakan desain lapangan dan seragam yang berbeda. NBA ingin memastikan pemirsa tahu bahwa pertandingan ini, meski merupakan bagian dari musim reguler, seharusnya memiliki nuansa dan makna yang berbeda.

Untuk hadiah, juga dirilis oleh liga. Pemain pada tim juara akan menerima masing-masing 514.971 dolar Amerika, sementara uang sebesar 205.988 dolar Amerika diberikan kepada setiap pemain pada tim runner-up. Pemain yang kalah di semifinal menerima uang senilai 102.994 dolar Amerika, dan 51.497 dolar Amerika untuk pemain yang timnya kalah di perempat final.

"Respons dari para pemain adalah bahwa tahun lalu pertandingan berlangsung kompetitif," kata CJ McCollum, pemain New Orleans Pelicans yang sekaligus presiden National Basketball Players Association (NBPA). 

"Perubahan kostum dan lapangan yang berbeda itu penting. Fakta bahwa Anda akan bersaing untuk sesuatu di luar apa yang biasanya Anda perjuangkan sepanjang musim, kesempatan untuk memenangkan trofi di tengah musim itu bagus dan tentu saja, implikasi finansial juga membuat perbedaan. Secara keseluruhan, para pemain memang suka bersaing."

Setiap pertandingan dihitung dalam klasemen musim reguler musim lalu, kecuali pertandingan final. Sehingga secara teknis, Lakers dan Pacers memainkan 83 pertandingan. 

Berikut pembagian grup untuk Emirates Cup 2024: 

Grup Timur A
Tim: New York Knicks, Orlando Magic, Philadelphia 76ers, Brooklyn Nets, Charlotte Hornets.

Grup Timur B
Tim: Milwaukee Bucks, Indiana Pacers, Miami Heat, Toronto Raptors, Detroit Pistons.

Grup Timur C
Tim: Boston Celtics, Cleveland Cavaliers, Chicago Bulls, Atlanta Hawks, Washington Wizards.

Grup Barat A
Tim: Minnesota Timberwolves, LA Clippers, Sacramento Kings, Houston Rockets, Portland Trail Blazers.

Grup B Barat
Tim: Oklahoma City Thunder, Phoenix Suns, Los Angeles Lakers, Utah Jazz, San Antonio Spurs.

Grup Barat C
Tim: Denver Nuggets, Dallas Mavericks, New Orleans Pelicans, Golden State Warriors, Memphis Grizzlies.

Foto: nba.com

Komentar