NBA Summer League di Las Vegas dimulai hari Jumat (12/7) waktu Amerika Serikat. Pemandangan unik terjadi di arena, di mana ada satu kursi kosong, dengan gelas berisi milk-shake. Sampai pertandingan berakhir kursi ini tidak diduduki. Ternyata bila didekati, sebuah kaus bergambar mendiang Jerry West ada di bagian sandaran kursi. Ini adalah bentuk penghormatan liga untuk legenda NBA tersebut. 

"Jerry West, dengan segala penghargaan, prestasi, dan pencapaiannya yang bahkan lebih besar dari kehidupan yang dibayangkannya sendiri, tidak pernah berhenti mencari," kata penyiar ESPN Mark Jones dalam pidatonya. "Komitmennya untuk menjadi lebih baik dalam hidup dan untuk merangkul cakrawala berikutnya adalah sesuatu yang sangat layak diingat dan dirayakan, seperti yang kita alami saat ini."

Sebelum pertandingan pertama, sebuah video penghormatan kepada West juga diputar di arena tersebut yang menampilkan rekaman arsip dan foto-foto dari masa kuliahnya di West Virginia, lalu perjalanannya di tim peraih medali emas Olimpiade 1960 dan karier bermain selama 14 tahun bersama Los Angeles Lakers, serta tahun-tahunnya sebagai eksekutif sukses untuk beberapa tim NBA. 

Video tersebut memuat kenangan dari tokoh-tokoh termasuk West sendiri Magic Johnson, Kareem Abdul-Jabbar, Jamaal Wilkes, pelatih kepala Lakers lama Pat Riley, mantan rekan setimnya Rod Hundley dan Tommy Hawkins, serta legenda Celtics John Havlicek dan Sam Jones. 

Foto: X @DaveMcMenamin

NBA kehilangan legenda Jerry West, satu bulan lalu. Pria yang berjuluk "The Logo" tersebut selalu menempati kursi di pinggir lapangan di Thomas & Mack Center, saat NBA Summer League. Liga kehilangan sosoknya, sehingga mereka memutuskan untuk meletakkan kaus bertuliskan foto West dengan tulisan "The Soul of Summer League" di atas kursi sebagai penghormatan. 

Di kursi juga diletakkan cangkir Dairy Queen untuk mengenang West dengan suguhan yang dinikmatinya selama Summer League. Liga mengumumkan bahwa kursi di tepi lapangan akan disediakan untuk West dengan penghormatan sepanjang Summer League 2024. 

Sebagai pemain, West memenangkan satu kejuaraan NBA (bermain dalam sembilan Final NBA) dan merupakan satu-satunya pemain yang memenangkan MVP Final sebagai pemain yang kalah (pada tahun 1969). Ia menjadi All-Star dalam setiap dari 14 musim NBA-nya, memenangkan penghargaan All-NBA First Team 10 kali dan All-Defensive First Team empat kali. Liga tersebut memasukkannya ke dalam tim peringatan 35 tahun, 50 tahun, dan 75 tahun. (*)

Foto: Los Angeles Times

Komentar