Yuta Watanabe akan memulai babak baru dalam karier basketnya. Melaui pengumuman resmi tim, Yuta dipastikan bergabung dengan salah satu tim terbaik liga Jepang (B.League), Chiba Jets. Ini akan jadi tim pertama Yuta di Jepang yang menghabiskan masa SMA hingga profesional di Amerika Serikat. 

Laporan BasketNews menyebutkan bahwa ia akan bergabung untuk musim 2024-2025. Meski tidak ada pernyataan resmi, sumber BasketNews meyakini bahwa kontrak Yuta akan jadi yang terbesar dalam sejarah B.League. Kontrak ini diperkirakan sampai setidaknya AS$5 juta. 

Setelah enam tahun bermain di NBA dengan total 213 laga, Yuta memutuskan untuk pulanh ke Jepang. Menit bermain yang tak kunjung meningkat secara signifikan diyakini membuat Yuta kembali ke tanah kelahirannya. Perlu diingat, Yuta adalah pemain Jepang kedua yang pernah bermain di NBA. 

Musim lalu Yuta bermain untuk dua tim, Phoenix Suns dan Memphis Grizzlies. Ia juga memulai kariernya bersama Grizzlies sebelum menyeberang ke Toronto Raptors dan Brooklyn Nets. Bersama Nets Yuta melakoni musim terbaiknya. Ia bermain 58 kali dengan rataan 16,0 menit per gim. Yuta menyumbang 5,6 poin dan 2,4 rebound per gim. Catatan menariknya adalah akurasi 44 persen dari tripoin. 

Chiba Jets sendiri mengumumkan akan melakukan acara penyambutan besar untuk Yuta setelah ia bertugas di Olimpiade 2024 Paris. Dalam skuad Jets, Yuta akan bergabung dengan pemain Jepang termahal sebelumnya, Yuki Togashi. Musim lalu, Togashi dan Jets melaju ke semifinal B.Leagua serta menjadi juara di East Asia Super League. (DRMK)

Foto: Getty Images

 

Komentar