Kanada siap berangkat ke Olimpiade 2024 Paris. Usai laga uji coba menghadapi Amerika Serikat, Kanada memastikan 12 nama yang akan bertarung bersama di Olimpiade 2024 Paris. Ini akan jadi Olimpiade pertama tim putra Kanada sejak Olimpiade 2000 Sydney. 

Kanada datang dengan modal apik di turnamen besar sebelumnya, Dalam gelaran Piala Dunia FIBA 2023, Kanada finis di peringkat tiga atau mendapatkan medali perunggu setelah mengalahkan Amerika Serikat. Ini adalah prestasi tertinggi Kanada sepanjang sejarah dan membuat mereka otomatis lolos ke Olimpiade 2024 Paris sebagai dua tim terbaik Benua Amerika. 

Dari skuad bersejarah tersebut, delapan nama bertahan di skuad Olimpiade 2024 Paris. Kelly Olynyk turun sebagai yang paling senior untuk tim. Ia sudah membela Kanada sejak Piala Dunia FIBA 2010 di usianya yang baru 19 tahun. Kelly kini adalah pemain Toronto Raptors. 

Kelly bukan satu-satunya pemain Raptors asal Kanada yang masuk dalam skuad kali ini.  Ada juga R.J. Barrett yang menyeberang ke Raptors dari New York Knicks di tengah musim lalu. Menariknya, RJ bukan satu-satunya keluarga Barrett yang pernah bermain di Olimpiade. Ayahnya, Rowan, adalah kapten Kanada di Olimpiade 2000 Sydney. Ia kini menjabat sebagai Wakil Presiden Program Tim Nasional Putra. 

Selain RJ, Shai Gilgeous-Alexander juga memiliki kisah hampir serupa. Ibu dari Shai, Charmaine Gilgeous, tampil di Olimpiade 1992 Barcelona untuk Antigua dan Barbuda sebagai pelari 400 meter. Shai adalah salah satu pemain dengan situasi terbaik saat ini. Bersama Oklahoma City Thunder, Shai menghabiskan musim lalu sebagai peringkat teratas klasemen Wilayah Barat. Mereka melaju ke Semifinal sebelum kalah atas Dallas Mavericks. Shai sudah dua kali terpilih sebagai All Star NBA dan baru saja masuk dalam skuad All-NBA First Team. 

Nama besar lainnya adalah juara NBA 2023 sekaligus garda andalan Denver Nuggets, Jamal Murray, Ini akan menandai kembalinya Murray ke skuad Kanada sejak ia bermain di 2015 Pan American Games. Kala itu, usianya masih 19 tahun. Murray sempat bergabung ke pemusatan latihan Kanada untuk Piala Dunia FIBA 2023 sebelum memutuskan mundur dan fokus untuk musim 2023-2024 bersama Nuggtes. 

Kanada tergabung di Grup A bersama Yunani, Australia, dan Spanyol. Nomor putra akan dimulai pada 27 Juli dan berakhir 11 Agustus. Kanada masih akan dipimpin oleh Jordi Fernandez yang kini berstatus sebagai kepala pelatih Brooklyn Nets. Berikut daftar lengkap skuad Kanada. (DRMK)

Nickeil Alexander-Walker (Minnesota Timberwolves)
R.J. Barrett (Toronto Raptors)
Khem Birch (Basquet Girona)
Dillon Brooks (Houston Rockets)
Luguentz Dort (Oklahoma City Thunder)
Shai Gilgeous-Alexander (Oklahoma City Thunder)
Trey Lyles (Sacramento Kings)
Jamal Murray (Denver Nuggets)
Andrew Nembhard (Indiana Pacers)
Kelly Olynyk (Toronto Raptors)
Dwight Powell (Dallas Mavericks)
Melvin Ejim (Unicaja Malaga)

Komentar