Timnas Amerika Serikat mengubah roster. Derrick White masuk menggantikan Kawhi Leonard. Jaylen Brown menyiratkan kekecewaan karena tidak terpilih (lagi). Managing Director USA Basketball Grant Hill memberi penjelasan terkait pemilihan pemain pengganti tersebut.

Dilansir melalui laman Yahoo Sports, Hill menampik pemilihan pemain AS berkaitan dengan sponsor resmi mereka Nike. Sebelumnya Brown memang beberapa kali memberi kritik kepada Nike melalui X (dulu Twitter).

“Saya menghabiskan sebagian karier saya dengan memakai FILA. Ya, ini seharusnya menjadi lelucon. Apapun teori yang ada di luar sana, itu hanyalah sebuah teori belaka,” kata Hill.

Brown merupakan rekan setim White di Boston Celtics. Mereka mengantar tim tersebut juara NBA 2024 dan yang pertama setelah 16 tahun. Brown tampil luar biasa. Dia menjadi MVP Final Wilayah Timur dan MVP Final NBA 2024.

Baca juga: Derrick White Gantikan Kawhi Leonard di Timnas Amerika Serikat

Tetapi Hill menjelaskan bahwa ada pertimbangan tersendiri dalam pemilihan roster AS. Ia memang tidak menyebut nama Brown secara gamblang. Tetapi Brown dinilai tidak sesuai kebutuhan timnas AS untuk membangun tim yang solid saat ini.

“Kami harus membangun sebuah tim. Salah satu hal terberat adalah mencoret pemain dari roster. Pemain yang saya sukai, pemain yang saya lihat penampilannya sepanjang musim selama playoff. Pemain yang menjadi MVP Final, pemain yang menjadi bagian program dan memenangkan emas,” kata Hill.

“Pemain yang saya kagumi dan nikmati permainannya. Tetapi ada tanggung jawab yang harus saya lakukan untuk membentuk tim yang solid. Sebuah tim yang saling melengkapi satu sama lain,” lanjutnya.

Brown sendiri memang belum pernah dipanggil timnas senior. Ia terakhir kali berseragam AS 10 dekade lalu. Brown menjadi bagian AS saat menjuarai FIBA Americas U18 Championship 2014.

Menjelang Olimpiade Paris 2024, USA Basketball memilih White untuk menggantikan Kawhi Leonard, yang memilih untuk persiapan musim berikutnya demi menghindari cedera. Kawhi sendiri telah mengikuti pemusatan latihan di Las Vegas semalam empat hari.

“Salah satu dari banyak hal yang saya sukai dari Derrick dan khususnya dengan tim ini adalah kehadirannya tidak mengubah banyak perannya di tim kami, dari apa yang dia lakukan dengan Celtics. Dia bermain dengan dua pemain muda yang luar biasa, Jaylen Brown dan Jayson Tatum,” ungkap Hill. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar