Bintang LA Clippers Kawhi Leonard dipastikan tidak berpartisipasi di Olimpiade Paris 2024. Ia akan digantikan oleh pemain Boston Celtics, Derrick White. Menurut siaran pers, baik Tim USA maupun Clippers mencapai kesimpulan bahwa demi kepentingan terbaik peraih enam kali NBA All Star dan dua kali juara NBA itu, ia harus menghabiskan musim panasnya untuk mempersiapkan musim mendatang.

Meskipun Leonard merasa cukup nyaman untuk bermain setelah memulihkan cedera lutut kanannya, ia menghormati keputusan Clippers untuk menjaga kesehatannya. Dengan nasib sial yang dialami Leonard selama tiga tahun terakhir, wajar saja jika semua pihak bersikap hati-hati. 

Hal terakhir yang tidak diinginkan pemain adalah membahayakan satu musim penuh dengan risiko cedera yang tidak terduga atau cedera lutut yang kambuh. Bagi Clippers, yang mungkin merasakan peluang juara mereka akan segera berakhir, mereka harus memaksimalkan setiap peluang.

"Kawhi telah mempersiapkan diri untuk Olimpiade selama beberapa minggu terakhir dan telah menjalani beberapa latihan yang hebat di Las Vegas," demikian pernyataan USA Basketball. 

"Ia merasa siap untuk berkompetisi. Akan tetapi, ia menghargai keputusan USA Basketball dan Clippers yang memutuskan bahwa lebih baik baginya untuk menghabiskan sisa musim panas untuk mempersiapkan diri menghadapi musim mendatang daripada berpartisipasi dalam Olimpiade di Paris."

Grant Hill, direktur pelaksana tim nasional pria AS, mengeluarkan pernyataan pribadi tentang pengunduran diri Leonard dari kompetisi. Leonard berpartisipasi dalam sebagian besar latihan kontak dan latihan persahabatan, dan ia diharapkan tersedia untuk pertandingan eksibisi pertama Tim USA pada hari Rabu melawan Kanada. 

"Saya ingin berterima kasih kepada Kawhi atas komitmennya terhadap Tim Nasional Pria AS," kata Hill. "Ia memperoleh kesempatan untuk mewakili Amerika Serikat, tetapi pimpinan USA Basketball dan Clippers merasa penting untuk memberi Kawhi kesempatan mempersiapkan diri untuk musim NBA."

Foto: USA Basketball

Leonard punya riwayat cedera, absen sepanjang musim NBA 2021-2022 setelah ACL-nya robek selama pascamusim 2021. Ia kemudian hanya bermain dalam dua pertandingan selama playoff 2023 karena meniskusnya robek.

Ia berhasil mengatasi cedera ini sepanjang musim 2023-24, tampil dalam 68 pertandingan dan meraih penghargaan All NBA Second Team. Sayangnya, musim Leonard kembali dipersingkat, ia absen dalam pertandingan playoff terakhir Clippers melawan Dallas Mavericks saat ia berjuang melawan radang lutut kanan.

Sementara Derrick White baru saja melewati musim terbaik dalam kariernya, memainkan peran penting dalam perjalanan Celtics meraih gelar juara dan meraih penampilan keduanya secara berturut-turut di NBA All-Defensive Second Team. Tampil dalam 73 pertandingan, pemain berusia 30 tahun itu mencatat rata-rata 15,2 poin per pertandingan, 5,2 asis, dan 4,2 rebound per pertandingan dengan akurasi tembakan tiga angka 39,6 persen dari kurang dari tujuh percobaan per pertandingan. White masuk dalam skuad Piala Dunia FIBA ​​2019 yang berada di posisi ketujuh.

"Saya gembira mengumumkan bahwa Derrick akan bertanding di Olimpiade pertamanya setelah musim kejuaraan di Boston," kata Hill. "Kami berharap dia bergabung dengan tim dalam beberapa hari mendatang saat kami melanjutkan persiapan untuk Paris."

Tim Amerika Serikat akan terus mempersiapkan diri untuk Olimpiade, dimulai dengan pertandingan persahabatan melawan Kanada pada hari Rabu (10/7) di Las Vegas, yang merupakan pertandingan persiapan pertama dari lima pertandingan. Pertandingan berikutnya, setelah hari Rabu, akan berlangsung pada tanggal 15 Juli di Abu Dhabi melawan Australia. (*)

Foto: USA Basketball

Komentar