Klay Thompson memulai lembaran baru. Ia tidak hanya pindah tim. Tapi juga menggunakan nomor punggung baru di Dallas Mavericks. Klay memilih No. 31 sebagai nomor punggung keduanya di NBA.

Dalam keterangan resmi saat diperkenalkan sebagai pemain Mavericks, Klay tidak sekedar memilih angka. Ia menggunakan No. 31 untuk menghormati Reggie Miller, salah satu penembak terbaik sepanjang masa, yang menjadi idola Klay.

“Saya banyak menonton aksi Reggie dari layar kaca saat saya masih remaja. Terutama kemampuannya dalam melakukan tembakan yang memenangkan pertandingan. Itu hal yang paling menginspirasi bagi seorang penembak karena dia tidak takut tembakan itu berhasil atau gagal,” kata Klay.

Klay meninggalkan Golden State Warriors setelah 13 tahun. Saat berada di Bay Area, Klay identik dengan No. 11. Nomor tersebut sudah dipakai oleh Kyrie Irving di Maverick. Untuk itu Klay memilih No. 31.

“Reggie inspirasi bagia sata. Saya pikir saya punya peluang untuk melampaui capaian tembakan tripoinnya. Menurut saya itu akan menjadi cara yang keren untuk menghormati seseorang yang membuka jalan bagi seorang penembak seperti saya,” ujar pemain berusia 34 tahun itu.

Miller menjadi pemain kelima dengan tripoin terbanyak sepanjang masa. Mantan pemain Indiana Pacers itu mengumpulkan 2560 tripon dalam 1389 gim. Klay tepat berada di bawah Miller dengan 2481 tripoin.

Hanya kurang 79 tripoin lagi dan itu bisa terjadi musim depan. Pada musim 2023-2024, Klay mencetak 268 tripoin dalam 77 gim. Sementara itu posisi teratas tripoin terbanyak sepanjang masa dimiliki oleh Stephen Curry (3747), disusul Ray Allen (2973), James Harden (2940), dan Damian Lillard (2607).

Klay pindah ke Mavericks melalui skema sign and trade. Klay mendapat kontrak selama tiga tahun dengan nilai AS$50 juta. (rag)

Foto: Dallas Mavericks

Komentar