Mantan bintang NBA Tony Parker ditunjuk sebagai duta Alibaba.com, platform e-dagang bisnis-ke-bisnis lintas batas milik Alibaba Group Holding. Langkah tersebut diambil oleh Alibaba.com menjelang Olimpiade Paris, karena raksasa teknologi Tiongkok itu lebih memfokuskan perhatiannya pada pasar Eropa. Beberapa iklan yang menampilkan pemenang kejuaraan NBA empat kali itu akan muncul di seluruh ibu kota Prancis di bandara, stasiun kereta dan metro, serta di Champs-Elysees. 

Eropa merupakan salah satu target utama Alibaba. Perusahaan tersebut saat ini menawarkan layanan pengiriman belanja online selama lima hari di Jerman, Prancis, dan Portugal, selain di Amerika Serikat, Meksiko, dan Arab Saudi, yang didukung oleh jaringan logistik cerdas milik Alibaba, Cainiao. 

"Parker dapat menggunakan pengalamannya yang terbukti untuk menarik lebih banyak wirausahawan dan perusahaan rintisan luar negeri untuk membeli dari Alibaba.com. Salah satu legenda San Antonio Spurs tersebut sukses beralih menjadi wirausahawan setelah pensiun," tulis Alibaba.com dalam rilis resminya. 

Olimpiade Paris 2024, yang akan berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus, diperkirakan akan menarik sekitar 10.500 atlet dan antara 2,3 juta hingga 3,1 juta pengunjung yang memegang tiket, menurut Komite Olimpiade Internasional dan Kantor Pariwisata Paris. Untuk menarik lebih banyak pengguna Eropa, Alibaba.com telah merencanakan kampanye penjualan khusus yang mencakup lebih dari 15.000 pedagang dan lebih dari satu juta produk menjelang Olimpiade, menurut laporan media Tiongkok. 

Langkah pemasaran terbaru yang dilakukan Alibaba.com mencerminkan upaya yang semakin luas oleh raksasa belanja daring yang berpusat di Hangzhou tersebut untuk mengembangkan bisnis internasionalnya di tengah permintaan yang lesu di dalam negeri. Kemitraan Alibaba.com dengan Parker terjadi beberapa minggu setelah saudaranya yang berhadapan langsung dengan konsumen, AliExpress, mengumumkan telah mengontrak bintang sepak bola Inggris David Beckham sebagai duta merek globalnya. Berdasarkan kemitraan satu tahun itu, Beckham akan muncul dalam serangkaian kampanye promosi, dimulai dengan iklan televisi selama Kejuaraan Sepak Bola Eropa selama sebulan, yang berakhir pada 14 Juli.

Alibaba.com diluncurkan pada tahun 1999 sebagai direktori daring untuk membantu pedagang grosir luar negeri menemukan produsen Tiongkok. Saat ini, situs tersebut utamanya digunakan untuk mendukung transaksi daring antara pemasok Tiongkok dan bisnis asing. (*)

Foto: Le Progres

Komentar