Timnas Amerika Serikat akan menjalani laga perdana Olimpiade Paris 2024 melawan Serbia. Pertandingan tersebut akan mempertemukan dua MVP NBA dalam empat musim terakhir, yaitu Nikola Jokic dan Joel Embiid.

“Saya tidak peduli dengan Jokic. Saya bermain untuk tim nasional dan hanya fokus tentang hal tersebut. Kami fokus pada diri kami sendiri dan berusaha memastikan semua orang memiliki pemikiran yang sama,” kata MVP NBA 2023 itu.

Sebelum tampil di panggung Olimpiade, AS dan Serbia akan bertemu untuk laga pemanasan. Pertandingan uji coba itu dijadwalkan pada 17 Juli di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Pada lokasi yang sama, AS juga akan melawan Australia pada tanggal 15 Juli 2024.

AS dan Serbia tergabung Grup C. Mereka mendapatkan perlawanan dari Puerto Rico, yang lolos lagi setelah 20 tahun. Kemudian ada Sudan Selatan yang tampil di Olimpiade untuk pertama kalinya.

Jokic akan kembali berlaga di Olimpiade lagi setelah delapan tahun. Center Denver Nuggets itu sebelumnya tampil di Olimpiade Rio 2016. Ia memang beberapa kali bermain untuk Serbia di turnamen FIBA.

Sedangkan Embiid menatap debutnya di Olimpiade. Jalan Embiid bermain untuk timnas memang berliku. Ia merupakan pemain asal Kamerun. Kemudian mendapat kewarganegaraan Prancis. Tetapi Embiid justru memilih bermain untuk Amerika Serikat.

Embiid dan Jokic memang bersaing, khususnya dalam perebutan MVP. Embiid mengaku tidak peduli dengan hal itu. Baginya saat ini hanya fokus memberikan yang terbaik untuk timnas AS.

Embiid kehilangan kesempatan mempertahankan gelar MVP pada musim ini. Sebab, NBA memberlakukan aturan minimal 65 gim. Sedangkan Embiid berkutat pada cedera yang membuatnya hanya bermain 39 gim dengan rataan 34,7 poin.

Tanpa ada “gangguan” dari Embiid, Jokic melenggang merebut trofi Michael Jordan tahun ini. Ia mengalahkan Shail Gilgeous-Alexander dan Luka Doncic. Ini menjadi gelar MVP ketiga Jokic setelah sebelumnya pada tahun 2021 dan 2022. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar