Nomor punggung memiliki makna sendiri bagi pemain. Biasanya terkait keberuntungan, harapan, atau bentuk rasa hormat kepada sosok tertentu. Jayson Tatum memakai No. 10 di timnas Amerika Serikat dalam Olimpiade Paris 2024.

Biasanya Tatum menggunakan No. 0, baik itu di Boston Celtics atau saat di NCAA bersama Duke University. Tapi FIBA hanya memperkenankan roster untuk mengenakan No. 4 hingga No. 15.

Tatum memakai No. 10 bukan karena lebih dekat dengan No. 0 yang biasanya dipakai. Tapi karena rasa kagumnya terhadap mendiang Kobe Bryant. Kobe memang identik dengan No. 24 di Los Angeles Lakers. Saat di timnas AS, Kobe memakai No. 10. Kober terakhir membela AS saat di Olimpiade Olimpiade London 2012.

Dalam jumpa media usai latihan di pemusatan timnas AS di Las Vegas, Tatum menjelaskan pentingnya memakai No. 10 tersebut. Tatum merasa terhormat meneruskan warisan Kobe dan tidak menganggap enteng tanggung jawab memakai nomor itu.

“Suatu kehormatan bisa memakai seragam ini dan memakai No. 10. Siapapun yang mengenal saya pasti tahu seberapa besar pengaruh (Kobe) terhadap saya sejak saya masih belia. Dia menjadi inspirasi saya mencapai tujuan. Bisa memakai jersey No. 10 ini sesuatu yang luar biasa. Saya tidak akan menganggap remeh,” ujar Tatum.

Tatum telah mengenakan No. 10 sejak pertama kali tampil untuk timnas di FIBA U17 World Championship 2014 di Dubai, Uni Emirat Arab. Kemudian Tatum juga mengantar AS menjuarai FIBA U19 World Championship 2015 di Yunani.

Dalam timnas senior, Tatum menjadi bagian AS meraih emas Olimpiade Tokyo 2020. Tatum menatap partisipasi keduanya di Olimpiade. Dan tetap setia membawa warisan Kobe Bryant dengan mengincar emas.

Tatum menjadi pemain terakhir yang tiba di Las Vegas. Timnas AS akan menjalani laga uji coba pertama melawan Kanada pada Rabu (10/7) waktu setempat atau Kamis WIB. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar