IBL

Tim nasional bola basket putra Australia sudah mengumumkan roster yang akan diturunkan di Olimpiade Paris 2024. Delapan dari 12 pemain yang akan berlaga di Olimpiade adalah pemain NBA yang masih aktif. Selain itu, Matthew Dellavedova adalah mantan pemain NBA dan juara bersama Cleveland Cavaliers pada tahun 2016.

Daftar tersebut akan disahkan oleh Komite Olimpiade Australia, menurut Olgun Uluc dari ESPN. Pengumuman resmi dijadwalkan pada hari Minggu. Pemangkasan daftar nama dilakukan dari 17 menjadi 12 pemain. Yang paling mengejutkan adalah dicoretnya Matisse Thybulle (Portland Trail Blazers) dari roster Boomers. Padahal pemain 27 tahun ini merupakan bagian dari tim Olimpiade sebelumnya pada tahun 2021 dan juga berkompetisi di FIBA World Cup ??2023.

Roster timnas Australia berisi Dyson Daniels (New Orleans Pelicans), Dante Exum (Dallas Mavericks), Josh Giddey (Chicago Bulls), Josh Green (Dallas Mavericks), Joe English (Minnesota Timberwolves), Jock Landale (Houston Rockets), Patty Mills (Miami Heat), Duop Reath (Portland Trail Blazers), Matthew Dellavedova (Melbourne United), Nick Kay (Susanoo Shimane Magic), Will Magnay (Tasmania JackJumpers), dan Jack McVeigh (Tasmania JackJumpers). 

Di Paris nanti, Australia tergabung di Grup A bersama Kanada, Valencia, dan pemenang Turnamen Kualifikasi Olimpiade FIBA ??2024 di Piraeus, Yunani. Boomers menjadi bagian dari turnamen bola basket Olimpiade untuk ke-16 kalinya, termasuk penampilan beruntun sebanyak 14 kali sejak 1972 di Munich. Pada Olimpiade 2020, yang diadakan pada tahun 2021 di Tokyo, mereka memenangkan perunggu, yang sekaligus menandai medali pertama bagi Australia. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar