IBL

Stephen Curry kembali berseragam Timnas Amerika Serikat. Pada Jumat (5/7) waktu setempat, Curry tiba di pemusatan latihan timnas AS untuk Olimpiade Paris 2024 di Las Vegas, Nevada. Curry antusias kembali memperkuat timnas setelah 10 tahun.

“Ayo kita mulai. Saya akan melakukan segalanya. Kami punya 39 hari atau memastikan diri mendapatkan medali emas ini. Dengan 12 pemain yang luar biasa dan berbakat yang akan bekerja sama meraih satu tujuan,” kata Curry kepada NBA.

Curry menjadi salah satu dari 12 roster AS untuk Olimpiade Paris 2024. Ini akan menjadi debutnya di Olimpiade. Selain itu, penampilan perdana di Olimpiade juga dialami oleh Joel Embiid.

Selain Curry, ada LeBron James dan Kevin Durant yang menjadi pemain veteran AS. Skuad AS sendiri memang bertabur bintang. Pemain lainnya adalah Anthony Edwards, Kawhi Leonard, Tyrese Haliburton, Jayson Tatum, Jrue Holiday, Bam Adebayo, Anthony Davis, dan Devin Booker.

Curry terakhir berseragam AS saat Piala Dunia FIBA 2014. Saat itu ia masih berusia 26 tahun. Ia memasuki musim kelima dengan Golden State Warriors. Belum menjadi juara NBA, belum jadi MVP, dan baru sekali masuk All-Star.

Curry sebenarnya memiliki kesempatan untuk berlaga di Olimpiade-olimpiade sebelumnya. Tetapi terhalang karena cedera. Ia juga memilih menggunakan jeda musim panas untuk pemulihan mengingat pertandingan di NBA sangat intens.

Selama 10 tahun terakhir, Curry menjelma menjadi salah satu pemain terbaik sepanjang masa. Ia mengantar Warriors meraih empat gelar selama delapan musim. Curry dua kali menjadi MVP NBA dan 10 All-Star. Namanya bertengger di puncak tripoin terbanyak sepanjang masa.

Di sisi lain, Curry juga merasa gatal ingin segera bermain di lapangan. Sebab, ia sudah liburan cukup lama. Warriors tidak lolos playoff. Curry terakhir bermain melawan Sacramento Kings di play-in tournament pada 16 April 2024.

“Saya bersemangat melakukan semua ini. Sudah sepuluh tahun sejak terakhir kali saya bermain untuk timnas AS pada 2024. Jadi saya senang sekali bisa kembali,” kata pemain bernama lengkap Wardell Stephen Curry II itu.

Timnas AS berada di bawah asuhan pelatih Steve Kerr, yang juga menjadi pelatih Curry di Warriors. AS masuk Grup C dengan Serbia, Sudah Selatan, dan satu tim pemenang kualifikasi di Puerto Rico. Gim pertama AS melawan Serbia pada 28 Juli 2024. Final basket putra 5x5 dijadwalkan pada 10 Agustus 2024 di Accor Arena, Prancis. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar