IBL

Filipina kalah tipis 64-96 atas Georgia di babak penyisihan Turnamen Kualifikasi Olimpiade (FIBA OQT 2024) di Latvia. Namun mereka tetap lolos ke babak semifinal sebagai runner-up Grup A, berkat kemenangan atas tuan rumah Latvia pada pertandingan sebelumnya. Justin Brownlee dan kawan-kawan akan menghadapi Brazil di babak semifinal. 

Brownlee mencetak 28 poin, 8 rebound, dan 8 asis dalam laga melawan Georgia. Namun sebuah dunk dari Alexander Mamukelashvili dan floater Joe Thomasson menjadi kunci kemenangan Georgeia. Brownlee sendiri sempat mencetak dua poin di sisa 33 detik. Sayangnya belum cukup untuk membuat Filipina membalikkan keadaan. 

Sayangnya, Georgia akhirnya tidak lolos ke semifinal. Karena di Grup A, Latvia yang juga menang sekali membukukan selisih poin +19. Filipina punya +7, dan Georgia -26. Georgia sebelumnya kalah telak 55-83 dari Latvia. 

Di sisi sebaliknya, Brazil lolos sebagai juara Grup B, juga dengan selisih poin. Karena di antara tiga tim, Brazil menorehkan selisih poin +6. Di posisi kedua ada Kamerun dengan -1, dan yang tidak lolos ke semifinal adalah Montenegro dengan -5. Sehingga, komposisi semifinal untuk FIBA OQT 2024 di Latvia adalah Brazil melawan Filipina, dan tuan rumah Latvia berhadapan dengan Kamerun. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar