IBL

Jaylen Brown tengah mencapai puncak kariernya. Sebelum mencapai kesuksesan seperti sekarang ini, Brown melakukan perubahan besar tiga tahun lalu atau saat berusia 24 tahun. Brown memutuskan menjadi vegan.

Vegan sendiri adalah seseorang yang tidak mengonsumsi daging atau segala produk hewani. Berbeda dengan vegetarian, yang masih mengonsumsi produk dari hewan seperti susu sapi, telur, keju, hingga madu.

Saat Brown hadir dalam podcast KT The Arch Degree, Brown mengungkapkan menjadi vegan memberinya perubahan. Baik dari segi fisik maupun mental. Brown merasakan perubahan yang signifikan terhadap tubuhnya.

“Pada usia 24 tahun saya memutuskan menjadi vegan. Itu langsung mengubah banyak hal. Seperti pada tahun itu saya mendapatkan All-Star pertama kalinya. Saya pikir itu ada hubungannya. Saya seperti bergerak secara berbeda,” kata pemain dari University of California, Berkeley itu.

Brown terpilih untuk pertama kalinya dalam NBA All-Star 2021. Setelah itu sejak dua tahun beruntun, kecuali tahun 2022, Brown selalu berlaga bersama para bintang lain di jeda musim.

Pada musim 2020-2021, Brown mencatat rataan tertingginya setelah lima musim. Ia meraih 24,7 poin, 6,0 rebound, dan 3,4 asis per gim. Brown bermain dalam 58 gim. Brown menilai performa itu karena ia mengubah pola makannya dengan produk-produk nabati.

Selain Brown, ada beberapa pemain NBA lain yang menjadi vegan. Mereka adalah Kyrie Irving, Chris Paul, DeAndre Jordan, dan Cade Cunningham. Di Indonesia, ada pemain Borneo Hornbills Jamal Johnson yang menjadi pemain vegan.

“Pikiran saya menjadi jernih. Semuanya juga begitu. Hidup saya berubah dalam arti tertentu. Sekarang saya memadukan praktik vegan dengan pola makan saya sendiri. Saat menjadi vegan, tidak ada yang lebih saya hargai selain mendapat pikiran yang lebih jernih,” tuturnya.

Sejak saat itu, karier Brown mulai menanjak. Tepatnya pada dua tahun terakhir. Brona masuk dalam All-NBA Second Team 2023. Pada tahun berikutnya, Brown mengantar Boston Celtics juara NBA 2024. Brown pun terpilih sebagai MVP Final NBA 2024 dengan 20,8 poin selama lima gim melawan Dallas Mavericks. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar