IBL

Prediksi Turnamen Kualifikasi Olimpiade (FIBA OQT 2024) di Yunani meleset. Awalnya, banyak penonton berharap Yunani dan Slovenia bertemu di babak final. Namun kenyataannya, mereka sudah harus bertarung mati-matian di semifinal. Kepastian tersebut didapatkan setelah Slovenia menang 104-78 atas Selandia Baru, dan Yunani menyapu bersih laga penyisihan Grup B. 

Slovenia yang dipimpin Luka Doncic bisa bounce-back, di laga kedua. Mereka menang 104-78 atas Selandia Baru, dengan Doncic mencetak tripel-dobel, 36 poin, 11 rebound, dan 10 asis. Kemenangan tersebut membuat Slovenia ada di peringkat kedua dengan rekor 1-1. 

Sebenarnya di Grup A, semuanya saling mengalahkan. Kroasia dan Selandia Baru juga sama-sama meraih satu kemenangan. Namun Kroasia ditetapkan sebagai juara Grup A dengan selisih poin +12, sedangkan Slovenia +10, dan Selandia Baru -22. 

Di Grup B, Yunani meraih lolos ke semifinal dengan menyapu bersih babak penyisihan Grup B, yang berisi Republik Dominika dan Mesir. Yunani menang 109-82 atas Republik Dominika, dan mengalahkan Mesir, 93-71. Dengan demikian Yunani lolos semifinal sebagai juara Grup B, dan Republik Dominika menyusul di posisi runner-up dengan kemenangan 90-77 atas Mesir. 

Dengan sistem silang, maka Yunani dan Slovenia akan bertemu di semifinal. Giannis melawan Luka dalam pertandingan menang-atau pulang. Ini bisa menjadi pertarungan yang epik antara bintang Milwaukee Bucks melawan Dallas Mavericks. Babak semifinal akan berlangsung, pada hari Sabtu (6/7) waktu setempat. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar