IBL

Shaquille O’Neal belum mengakui sepenuhnya kedigdayaan Boston Celtics. Celtics menjadi juara NBA 2024. Mereka bermain solid dan mendominasi liga. Tapi Shaq baru akan memuji Celtics jika bisa mempertahankan gelar di musim depan.

Dalam The Big Podcast miliknya, Shaq memberi peringatan kepada Celtics. Menurutnya, tim asuhan Joe Mazzulla itu akan mendapat perlawanan yang lebih keras dari kandidat juara yang lain.

“Boston siap untuk mempertahankan gelar? Tidak. Meski mereka telah memenangkannya tahun ini. Mereka telah memenangkan NBA tahun ini dengan mudah. Bukan salah mereka. Saya tidak peduli. Mereka menang. Jalan mereka terlalu mudah,” kata Shaq.

Celtics memang terlihat mudah menjadi juara NBA 2024. Mereka menguasai Wilayah Timur dengan 64-18. Satu-satunya tim dengan lebih dari 60 kemenangan pada musim 2023-2024. Celtics melaju di playoff dengan rekor 16-3.

Celtics dengan mudah menyingkirkan Miami Heat 4-1 di ronde pertama. Lalu menggilas Cleveland Cavaliers 4-1 di semifinal. Celtics menyapu bersih Indiana Pacers di Final Wilayah Timur. Pada akhirnya menguasai Dallas Mavericks 4-1 di Final NBA 2024.

Dengan kesuksesan itu, Celtics berupaya menjaga tim intinya tetap utuh pada musim mendatang. Mereka berhasil mengamankan Jayson Tatum dan Jaylen Brown. Tetapi pergerakan tim-tim lain juga tidak kalah menarik. Seperti New York Knicks yang merekrut Mikal Bridges dan memiliki empat alumni juara Villanova.

“Jadi, ketika jalan mereka menjadi berat, dan mereka tidak menang, maka pernyataan saya terbukti benar. Jika Celtics menang tahun depan, dengan semua tim yang hebat yang mereka hadapi ini, maka Celtics layak mendapat rasa hormat,” kata juara NBA empat kali itu.

Celtics menjadi tim dengan gelar terbanyak NBA. Mereka mengoleksi 18 gelar. Tetapi Celtics sulit meraih back to back juara sejak era Bill Russell berakhir. Celtics terakhir juara beruntun pada tahun 1968-1969. Sebelum sukses pada tahun 2024, Celtics juara pada tahun 2008. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar