IBL

LeBron James akan bermain setidaknya dua tahun lagi. Ia memperpanjang kontrak dua tahun dengan Los Angeles Lakers. Artinya musim 2025-2026 bisa menjadi musim terakhir LeBron sebagai pemain.

LeBron akan memasuki musim ke-22 pada NBA 2024-2025. Menurut penuturan orang dalam NBA Brian Windhorst, LeBron sedang fokus untuk mewujudkan satu per satu tujuannya sebelum meninggalkan panggung utama.

Terlepas dari Lakers yang kesulitan untuk bersaing merebut gelar, LeBron ingin memberikan performa terbaik di penghujung kariernya. Tahun ini LeBron akan genap berusia 40 tahun. Ia menjaga diri untuk tidak mengalami cedera serius.

LeBron bermain untuk Lakers sejak 2018. Katakanlah LeBron bermain hingga 2026, maka Lakers akan menjadi tim terlama baginya dalam satu periode yakni delapan tahun. LeBron memperkuat Cavaliers dari 2003-2010. Kemudian ke Miami Heat pada 2010-2014. Baru kembali ke Cavaliers lagi pada 2014-2018.

“LeBron ingin menjadi seorang Lakers, terlepas dari rasa frustasi karena kesulitan Lakers untuk bergerak. LeBron tetap menandatangani kontrak dengan Lakers dan akan memasuki tahun ketujuh. Rekor terpanjang yang pernah ia jalani dengan tim manapun. Dia seorang Lakers sejati,” tutur Windhorst.

Pada usia 39 tahun dan menjadi pemain tertua di NBA 2023-2024, LeBron masi tampil spektakuler. Ia melantai dalam 71 gim dengan akurasi 54 persen. Catatan terbaik sejak 2017-2018 dengan dengan 82 gim dan 54,2 persen tembakan di musim terakhirnya dengan Cavaliers.

Sebelum pensiun sebagai seorang Lakers, LeBron juga sedang mewujudkan rekor lain. Ia akan menjadi pemain pertama dalam sejarah dengan bermain dengan anaknya sendiri. Lakers merekrut Bronny James sebagai No.55 di ronde kedua NBa Draft 2024.

“Yang pertama sudah. Lalu yang kedua, LeBron menyatakan dengan sangat jelas bahwa dia ingin bermain dengan putranya. Bronny menjadi pemain Lakes dan kontrak maksimal. Satu per satu tujuannya akan terwujud,” lanjutnya.

Setelah itu, LeBron bisa pensiun dengan tenang. Setelah pensiun, LeBron ingin memiliki tim NBA. Ini sejalan dengan wacana NBA yang akan melakukan ekspansi setelah negosiasi hak media selesai.

“NBA akan melakukan ekspansi dan akan menentukan tahunnya. Tentu tidak pada musim depan. Mungkin yang paling cepat dua tahun dari sekarang. Menurut saya itulah fokus LeBron. Dia ingin bergabung dengan kepemilikan waralaba di Las Vegas.” (rag)

Foto: Getty Images

Komentar