IBL

Olimpiade Paris 2024 di depan mata. Pada Rabu (3/7) waktu setempat, Timnas Amerika Serikat merilis tampilan pertama jersey yang akan mereka kenakan dalam multievent paling bergengsi tersebut.

Jersey AS diproduksi oleh Nike dengan logo di sebelah kanan dan bendera AS di sebelah kiri. Kevin Durant dan A’ja Wilson menjadi model dalam peluncuran jersey AS untuk Olimpiade. Mereka menggunakan dua versi jersey yang berbeda.

KD mengenakan jersey putih dengan tulisan “USA”. Bintang Phoenix Suns itu mengenakan No.7. Tulisan tersebut memiliki garis tebal biru tua dan didalamnya ada garis merah tipis. Kemudian di bagian samping jersey berwarna biru tua dengan aksen gradasi merah, yang tampak menyatu dengan bagian celana dengan logo bintang.

A’ja memakai jersey merah. Jersey yang dikenakan pemain Las Vegas Aces itu memiliki motif yang cukup mencolok. Tulisan “USA” dan No. 9 milik A’ja memiliki garis putih tebal. Bagian samping jersey berwarna hitam dengan garis putih.

Jersey tersebut juga menjadi edisi yang istimewa. Sebab, pada tahun ini USA Basketball berusia 50 tahun. Dalam usia setengah abad ini, AS berupaya mempertahankan emas di Olimpiade Paris 2024.

Untuk tim putra, AS membawa bintang-bintang veteran. Selain KD, ada LeBron James dan Stephen Curry yang ikut serta. Ini akan menjadi pertama kalinya Curry bermain di Olimpiade. Juga ada nama-nama besar seperti Joel Embiid hingga Anthony Edwards.

AS menjadi juara beruntun sejak tahun 2008. AS telah memenangkan 16 emas sepanjang partisipasinya di Olimpiade. Pada Olimpiade Paris 2024, AS tergabung di Grup C dengan Serbia, Sudan Selatan, dan tim pemenang kualifikasi di Puerto Rico.

Untuk tim putri, AS juga diperkuat Diana Taurasi, Brittney Griner, Breanna Stewart, hingga Sabrina Ionescu. Posisi AS sebagai pemenang tidak tergeser sejak 1996. Pada Olimpiade Paris 2024, AS masuk Grup C dengan Jerman, Jepang, dan Belgia.

Olimpiade Paris 2024 dibuka pada 26 Juli mendatang. Timnas AS putra menjalani laga perdana melawan Serbia pada 28 Juli 2024. Sedangkan Timnas AS putri melawan Jepang pada 29 Juli 2024. (rag)

Foto: Boardroom

Komentar