IBL

Kemba Walker mengumumkan pensiun kemarin. Beberapa saat kemudian, Walker memberi kabar bahwa ia kembali Charlotte Hornets. Bukan sebagai pemain lagi. Tetapi sebagai salah satu dari staf kepelatihan. Tepatnya sebagai pelatih peningkatan pemain.

Dalam pesan perpisahannya, Walker mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang berjasa di perjalanan kariernya. Pada kalimat terakhir, Walker memberi “petunjuk” tentang langkah yang ia ambil usai gantung sepatu.

“Bola basket akan menjadi bagian dari hidup saya selamanya. Jadi, ini bukanlah perpisahan. Saya tidak sabar untuk menanti langkah selanjutnya,” kata All-Star empat kali itu.

Baca juga: Kemba Walker Gantung Sepatu

Kemudian Shams Charania dari The Athletic melaporkan bahwa Walker akan berganti profesi sebagai pelatih. “Setelah pensiun dari karier NBA selama 12 tahun, All-Star Kemba Walker bergabung dengan Charlotte Hornets sebagai staf kepelatihan baru di bawah Charles Lee, sebagai pelatih peningkatan pemain.”

Hornets akan memulai musim mendatang bersama kepala pelatih baru yaitu Charles Lee. Ini merupakan pertama kalinya Lee menjadi kepala pelatih. Sebelumnya ia merupakan asisten pelatih yang ikut serta saat Milwaukee Bucks (2021) juara dan Boston Celtics memenangkan NBA 2024.

Walker menghabiskan hampir setengah dari kariernya di NBA bersama Hornets atau dulu bernama Charlotte Bobcats. Walker lulus dari University of Connecticut dan mengikuti NBA Draft 2011. Walker terpilih sebagai urutan kesembilan.

Walker membela Bobcats/Hornets hingga tahun 2019. Ia menjadi pencetak poin terbanyak dalam sejarah waralaba tersebut. Hornets juga mencapai playoff terakhirnya pada 2016 di bawah asuhan pelatih Steve Clifford.

Kemudian Walker berkelana ke Boston Celtics (2019-2021), New York Knicks (2021-2022), Dallas Mavericks (2022-2023), dan AS Monaco (2023-2024). Pada tahun ini, Walker kembali ke Charlotte untuk mengantar era baru di bawah manajemen, kepemilikan, dan kepelatihan yang baru. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar