IBL

Filipina mengalahkan Latvia, 89-80, pada hari Rabu. Mereka berupaya meraih tiket ke Olimpiade 2024 bersama lima negara lainnya, meraih kemenangan 1-0 atas tuan rumah Turnamen Kualifikasi Olimpiade FIBA merupakan langkah besar untuk maju dari Grup A ke Semifinal. Mereka harus mengalahkan Georgia atau kalah dengan selisih 18 poin atau kurang pada hari Kamis.

Brownlee meledak dalam kemenangan luar biasa Gilas Pilipinas atas tuan rumah Latvia. Ia meraih penghargaan TCL Player of the Game saat ia hampir saja meraih triple-double yang menakjubkan dengan 26 poin, 9 rebound, dan 9 asis. Kai Sotto menambahkan 18 poin dan delapan rebound. Dwight Ramos dan June Mar Fajardo masing-masing menambahkan 12 dan 11 poin. Chris Newsome dengan sepuluh poin menjadi pencetak skor dua digit kelima.

Tim yang dilatih oleh kepala pelatih Tim Cone tersebut unggul dengan selisih 26 poin. Dalam upaya untuk menyelesaikan comeback yang mustahil di periode keempat, Latvia memperkecil defisit menjadi delapan poin tetapi akhirnya kehabisan waktu. Rodions Kurucs mencetak 18 poin tertinggi dalam tim dalam upaya yang kalah tersebut. Davis Bertans, Janis Strelnieks, dan Kristers Zoriks masing-masing memperoleh sepuluh poin.

Justin Brownlee adalah MVP pertandingan yang akan selalu diingat oleh para penggemar Gilas Pilipinas, karena Filipina mengalahkan Latvia yang berada di peringkat 6 dalam Turnamen Kualifikasi Olimpiade FIBA di Riga.

"Itu sangat penting bagi kami," kata Brownlee. "Saya sangat menghormati Latvia. Tentu saja, saya sangat menghormati para penggemar mereka di sini yang mendukung tim mereka. Rasanya luar biasa, tetapi kami jelas tidak puas. Kami lapar. Kami merasa masih banyak yang harus dilakukan di turnamen ini. Kami merasa yakin untuk melangkah maju."

Pelita Jaya Jakarta memberikan dukungan kepada Justin Brownlee yang berjuang untuk timnas Filipina, di FIBA OQT 2024 di Riga, Latvia. Brownlee akan kembali membela Pelita Jaya setelah event tersebut usai. Kabar ini sekaligus menepis asumsi bahwa Pelita Jaya melakukan pergantian pemain, saat Brownlee membela timnas Filipina. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar