IBL

Pekan ini beberapa bintang NBA akan berjuang untuk tim nasional negaranya masing-masing dalam Olympic Qualifiying Tournament (OQT) di beberapa tempat. Mereka yang berjuang termasuk Luka Doncic dan Giannis Antetokounmpo yang berada dalam satu turnamen. 

Empat tempat terakhir di 12 tim bola basket putra Olimpiade yang akan berangkat ke Paris, akan diputuskan mulai hari ini, dengan dimulainya turnamen kualifikasi di Spanyol, Latvia, Puerto Riko, dan Yunani. Setiap lokasi menjadi tuan rumah turnamen enam tim yang berlangsung hingga 7 Juli, dan keempat pemenang akan mendapatkan empat tempat terakhir di lapangan Olimpiade.

SPANYOL
Grup A: Lebanon, Angola, Spanyol
Grup B: Finlandia, Polandia, Bahama

Spanyol bermain di kandang sendiri dan itu merupakan keunggulan besar, tetapi Bahama yakin dapat mengejutkan karena tiga alasan yang sangat bagus, yang berisi beberapa bintang NBA seperti Deandre Ayton, Buddy Hield dan Eric Gordon, semuanya ada dalam daftar pemain negara itu untuk kualifikasi.

LATVIA
Grup A: Georgia, Filipina, Latvia.
Grup B: Brasil, Kamerun, Montenegro.

Tuan rumah Latvia harus berjuang keras untuk mendapatkan tiket terakhir, terutama dengan Filipina yang sekarang dilatih oleh Tim Cone, mantan asisten liga musim panas Miami Heat. Sementara harapan Montenegro sebagian besar bertumpu pada Nikola Vucevic.

YUNANI
Grup A: Slovenia, Selandia Baru, Kroasia.
Grup B: Mesir, Yunani, Republik Dominika.

Potensi final Yunani-Slovenia tampaknya sangat tinggi, dan itu akan menjadi drama antara Doncic Vs. Antetokounmpo untuk memperebutkan tempat di Olimpiade. Doncic bermain meski cedera di Final NBA 2024 untuk Dallas dalam kekalahan lima pertandingan dari Boston, dan fakta bahwa ia bermain di sini menunjukkan betapa pentingnya Olimpiade baginya. Sementara Giannis juga ingin bermain di Paris.

PUERTO RIKO
Grup A: Meksiko, Pantai Gading, Lithuania.
Grup B: Italia, Puerto Riko, Bahrain.

Danilo Gallinari menjadi pemain untuk tim Italia yang sangat berpengalaman, yang harus menghadapi tuan rumah Puerto Riko yang masih bisa melaju ke semifinal meskipun kalah di turnamen sebelumnya. Lithuania tampaknya memiliki pengalaman terbanyak di Grup A, dan akan mengejutkan jika skuad itu tidak masuk semifinal.

Format yang dipakai untuk OQT 2024 yaitu, membagi dua grup yang masing-masing terdiri dari tiga tim di babak penyisihan. Dalam penyisihan grup, yang berlangsung Selasa hingga Kamis, setiap negara akan bertanding melawan dua tim lain di grup mereka. Dua tim teratas di setiap grup akan melaju ke semifinal yang akan diadakan pada hari Sabtu. Pertandingan final di keempat lokasi akan diadakan pada hari Minggu. 

"Kami berada di tempat terbaik," kata Antetokounmpo saat ditanya tentang kesempatan bermain pada pertandingan kualifikasi di Yunani. 

Pertandingan OQT 2024 di Yunani tampaknya akan mendapatkan sorotan lebih besar. Terutama ketika Slovenia dan Yunani sama-sama menjadi favorit juara untuk turnamen tersebut. (*)

Foto: nba.com

Komentar