IBL

3x3 untuk kedua kalinya akan dimainkan di Olimpiade, setelah resmi masuk sebagai cabang olaraga dalam pesta olahraga sedunia tersebut. Setelah kualifikasi terakhir, semua slot sudah terisi. Masing-masing kategori berisi delapan tim, dan FIBA juga sudah merilis jadwal pertandingannya. 

Tim yang lolos ke Olimpiade Paris 2024 adalah:

Putra: Serbia, Amerika Serikat, Tiongkok, Latvia, Belanda, Prancis, Lithuania, dan Polandia.
Putri: Tiongkok, Amerika Serikat, Prancis, Azerbaijan, Australia, Jerman, Spanyol, dan Kanada.

Para pemain 3x3 terbaik dunia akan bertanding dalam delapan tim putra dan delapan tim putri selama tujuh hari kompetisi yang menegangkan. Diselenggarakan di Place de la Concorde yang ikonis di jantung kota Paris, para pemain 3x3 akan memamerkan bakat mereka dengan latar belakang beberapa tempat paling ikonis di Paris, termasuk Grand Palais, Champs-Elysees, dan The Louvre. 

Pembatasan COVID-19 menghalangi para penggemar untuk menghadiri Olimpiade Tokyo 2020. Namun kali ini penonton di Paris akan dapat sepenuhnya merasakan keseruan 3x3 di Olimpiade dan memainkan peran utama dalam menciptakan suasana yang tak terlupakan.

Kedelapan tim akan bertanding satu sama lain dalam satu grup selama tiga setengah hari pertama. Pada hari keempat, play-in akan diperkenalkan untuk tim yang berada di posisi ke-3 hingga ke-6. 

Dua tim teratas akan langsung melaju ke Semi Final, sementara tim yang berada di posisi ke-7 dan ke-8 akan tereliminasi. Enam tim yang tersisa akan bertanding dalam play-in, dengan Semi Final dan pertandingan medali akan berlangsung pada hari terakhir kompetisi, pada tanggal 5 Agustus.

Sejarah 3x3 Olimpiade dimulai pada tanggal 9 Juni 2017, ketika 3x3 ditambahkan ke dalam cabang olahraga Olimpiade, dimulai dari Tokyo 2020. Acara resmi pertama 3x3 diadakan pada tahun 2010 di Youth Olympic Games di Singapura. Hanya butuh waktu 7 tahun bagi permainan ini untuk berkembang dari jalanan hingga Olimpiade. 

Olimpiade Tokyo menandai debut Olimpiade 3x3.8 tim terbaik dari seluruh dunia baik pria maupun wanita berpartisipasi selama 5 hari (dari 24 hingga 28 Juli) di Aomi Urban Sports Park di pusat kota Tokyo. Tim putra Latvia dan tim putri Amerika Serikat adalah peraih medali emas pertama 3x3 Olimpiade. (*)

Foto: fiba3x3.com

Komentar