IBL

Klay Thompson telah setuju untuk bergabung dengan Dallas Mavericks, dengan kontrak tiga tahun senilai 50 juta dolar Amerika, menurut Adrian Wojnarowski dari ESPN. Juara NBA empat kali itu setuju untuk bergabung dengan juara Wilayah Barat dan pindah klub untuk pertama kalinya dalam 13 tahun karier NBA-nya.

ESPN dan The Athletic sama-sama melaporkan kesepakatan multi-tim yang sekarang sedang diselesaikan. Melibatkan Mavericks, Golden State Warriors, dan Charlotte Hornets, menurut The Associated Press dengan syarat anonim karena kesepakatan tersebut belum diumumkan. 

Thompson berada di posisi keenam dalam daftar pencetak tripoin terbanyak sepanjang masa di NBA dengan 2.481 poin, di belakang Reggie Miller (2.560), Damian Lillard (2.607), James Harden (2.940), Ray Allen (2.973) dan mantan "Splash Brother" Thompson di Warriors, Stephen Curry, yang telah mencetak 3.747 poin dari luar garis busur sepanjang kariernya.

Warriors dikabarkan menawari Thompson kontrak dua tahun senilai 48 juta dolar Amerika. Jumlah itu jauh lebih kecil dari kontrak empat tahun senilai 100 juta dolar Amerika yang didapatkan Draymond Green, dan juga jauh lebih rendah dari kontrak empat tahun senilai 128 juta dolar Amerika yang didapatkan Jordan Poole. Thompson menolak tawaran 48 juta dolar Amerika itu, dan selama musim itu, Warriors perlahan mulai lebih mengandalkan Brandin Podziemski, bahkan memainkan Thompson dari bangku cadangan untuk sementara waktu. 

Thompson tampil sebagai pemain pengganti sebanyak 14 kali dari 77 pertandingan, tetapi itu adalah penampilan pertamanya sebagai pemain cadangan sejak musim rookie-nya tahun 2011-2012. Ia melakukan tembakan tripoin dengan akurasi 38,7 persen, yang terburuk kedua dalam kariernya. Ia mencetak rata-rata 17,9 poin, yang terendah ketiga dalam kariernya. Ia tidak selalu berada di jajaran pemain yang menyelesaikan pertandingan dan musim itu, dan kariernya di Warriors seakan berakhir dengan performa tembakan 0-dari-10 melawan Sacramento Kings dalam kekalahan turnamen play-in.

Thompson, lima kali All-Star dan dua kali All-NBA yang absen selama dua musim penuh karena cedera, mengamati lapangan setelah pertandingan itu, menikmati pemandangan untuk berjaga-jaga kalau-kalau itu adalah kali terakhirnya bermain dengan Warriors. Ternyata, memang begitu. Dan, sekarang ia akan bergabung dengan tim Dallas yang baru saja melaju ke Final NBA sebagai penembak yang didatangkan untuk membantu Luka Doncic dan Kyrie Irving.

Serangan Dallas tersendat di Final NBA 2024 dengan hanya mencetak 106,7 poin per 100 penguasaan bola. Seorang penembak tambahan akan sangat membantu unit itu, tetapi secara gaya, Thompson harus menyesuaikan diri dengan sistem yang sangat bertolak belakang dengan sistem yang selama ini ia gunakan bersama Warriors. 

Golden State memainkan serangan gerak yang dirancang untuk menghukum tim yang lengah saat tidak menguasai bola. Mavericks memiliki serangan heliosentris yang luar biasa yang dibangun di sekitar kreasi tembakan individu Doncic. Harus ada kompromi di kedua belah pihak di sini, tetapi dengan pemain berbakat seperti ini, hal itu dapat dilakukan. (*)

Foto: NBC Sports Bay Area & California

Komentar