IBL

Beli saat harga rendah, jual saat harga tinggi. Itulah yang tampaknya menjadi strategi yang digunakan dalam penjualan tim NBA baru-baru ini, yang terbaru adalah Boston Celtics yang terkenal. Kelompok pemilik klub, Boston Basketball Partners LLC, mengumumkan niatnya untuk menjual semua saham tim. Jika penjualan ini sukses maka kemungkinan akan memecahkan rekor bagi harga sebuah tim dalam sejarah NBA.

Pemilik mayoritas Boston Celtics Wyc Grousbeck berencana menjual sahamnya di tim tersebut tahun depan. Adrian Wojnarowski dari ESPN adalah yang pertama kali mengabarkan berita tersebut. Celtics mengonfirmasi laporan tersebut beberapa saat kemudian. Menurut tim, Boston Basketball Partners LLC mencapai keputusan untuk menjual kepemilikan pengendali tim pada tahun 2024 atau awal tahun 2025. Sebagai bagian dari rencana, saldo akan ditutup pada tahun 2028 dan Grousbeck diharapkan tetap menjadi Gubernur tim hingga saat itu.

Pengumuman ini muncul hanya beberapa minggu setelah Celtics memenangkan gelar juara NBA ke-18. Pengumuman ini juga muncul hanya beberapa jam setelah tim tersebut merekrut pemain inti yang memenangkan kejuaraan tersebut, termasuk Jayson Taytum, yang mendapatkan kontrak terbesar dalam sejarah liga (kontrak lima tahun senilai 315 juta dolar Amerika) dan Derek White (perpanjangan kontrak empat tahun senilai 125,9 juta dolar Amerika).

Pada tahun 2023, Forbes menempatkan Celtics sebagai waralaba paling berharga nomor 43 di semua cabang olahraga. Pada akhir parade Duck Boat, bulan Juni, Grousbeck tidak memberikan tanda-tanda bahwa ia akan pindah dari Celtics.

"Rasanya kami masih harus melakukan banyak hal. Maksud saya, saya harus merancang arena bersama para pemain. Kami harus mengibarkan bendera pada bulan Oktober. Masih banyak yang harus dilakukan. Namun, kami akan membangun tim untuk tahun depan. Namun, kami akan menikmatinya untuk saat ini," kata Grousbeck kepada Dan Roche dari WBZ-TV. "Saya ingin mengatakan bahwa kami adalah penggemar yang membeli tim ini. Kami semua bersama-sama dalam hal ini. Ayo kita dapatkan yang lain."

NBA berada di ambang kesepakatan hak media terbesar yang pernah ada, diperkirakan bernilai sekitar 76 miliar dolar Amerika. Kesepakatan itu juga diharapkan akan disertai dengan biaya ekspansi yang sangat tinggi di tahun-tahun mendatang karena liga berupaya untuk menambah jumlah timnya. Biaya tersebut dibagi di antara pemilik waralaba yang ada. Kesepakatan hak media NBA terakhir memiliki jangka waktu sembilan tahun. Kesepakatan yang akan datang diharapkan akan sejalan dengan itu, dari segi waktu.

Contoh kasusnya adalah tim yang dikalahkan Celtics bulan lalu untuk memenangkan kejuaraan. Pemilik Dallas Mavericks Mark Cuban, menerima persetujuan pada bulan Desember untuk menjual tim tersebut dengan harga sekitar 3,5 miliar dolar Amerika. Itu lebih dari 3 miliar dolar dari harga pembeliannya, dan Cuban dilaporkan akan mempertahankan 27 persen saham tim dan mungkin akan mempertahankan kendali atas operasi basket.

Rekor valuasi untuk tim NBA adalah 4 miliar dolar Amerika yang disetujui Matt Ishbia pada tahun 2022 untuk Phoenix Suns. Meskipun Phoenix adalah pasar yang menarik dan memiliki daftar pemain yang bagus, mereka tidak bisa menyamai juara bertahan, yang memiliki pemain yang lebih baik dari atas sampai bawah, basis penggemar yang fanatik, dan bisa dibilang memiliki sejarah terbaik dari semua tim di liga.

Sumber yang dikutip oleh Sports Business Journal, menduga tim Celtics dapat dijual dengan harga jauh di atas 5 miliar dolar Amerika. Karena pada tahun 2024, Forbes menilai Celtics punya nilai sebesar 4,7 miliar dolar Amerika. (*)

Foto: Boston.com

Komentar