IBL

Boston Celtics mengumumkan perpanjangan kontrak untuk Neemias Queta. Pemain Portugal pertama dan menjadi juara di NBA tersebut mendapatkan kontrak multi-tahun. Kini Queta kembali menjadi bagian dari tim Celtics yang gemilang di tahun ini. 

Setelah membuat sejarah pada tahun 2021 sebagai pemain basket Portugal pertama yang direkrut ke NBA , pemain berusia 24 tahun itu mendapat penghargaan baru yang ditambahkan ke dalam daftar prestasinya setelah Boston Celtics mengalahkan Dallas Mavericks 4-1 di Final NBA 2024. Queta mengukir sejarah di NBA sebagai pemain Portugal pertama yang menjuarai NBA. 

Karier cemerlang Queta mencapai puncak baru pada Senin malam (1/7) waktu Amerika Serikat. Juara bertahan Boston Celtics telah merekrut kembali Queta dengan kontrak multi-tahun, menurut Shams Charania dari The Athletic. Celtics telah menolak opsi tim Queta senilai 2,1 juta dolar Amerika sebelum batas waktu pada hari Sabtu, dan bermaksud untuk mengontraknya dengan perpanjangan kontrak selama beberapa tahun.

Foto: Celtics Blog

Pemain dengan tinggi 2,13 meter, lahir di Barreiro dekat Lisbon, Portugal tersebut, bermain lima menit di Gim 4 Final NBA, dengan mencetak dua poin. Waktu bermainnya sangat dibatasi di Playoffs karena banyaknya pemain berbakat di posisinya, seperti Al Horford dan Kristaps Porzingis. Namun Queta bermain dalam 28 pertandingan selama musim reguler, dengan rata-rata mencetak 5,5 poin, 4,4 rebound, dan 0,8 blok dalam 11,9 menit per gim.

"Sangat penting bagi saya untuk membawa nama dan bendera Portugal. Berada di panggung ini dan menjadi salah satu pelopor olahraga di negara kami… Itu adalah sesuatu yang tidak saya anggap enteng. Itu adalah pengalaman yang sangat berharga bagi saya," kata Queta.

Queta adalah pemain Portugal pertama dan satu-satunya di NBA. Queta bergabung dengan Celtics setelah bermain 20 pertandingan dan dua musim bersama Sacramento Kings. Tahun ini benar-benar jadi tahun terbaik bagi Queta. (*)

Foto: Celtics Blog

Komentar