IBL

JB Bickerstaff diumumkan sebagai kepala pelatih Detroit Pistons. Dia menjadi pelatih Pistons ketiga dalam tiga musim terakhir. Bickerstaff diberhentikan dari Cleveland Cavaliers setelah musim 2023-2024 usai. Sementara Pistons memilih untuk memberhentikan Monty Williams setelah satu musim. 

Pistons terus membangun tim yang baru. Pada bulan Mei, manajemen menunjuk Trajan Langdon sebagai presiden operasi bola basket, menggantikan Troy Weaver. Lalu mereka memecat kepala pelatih Monty Williams setelah bertugas hanya satu musim saja. Padahal Williams punya kontrak berdurasi enam tahun senilai 78,5 juta dolar Amerika, yang memecahkan rekor pelatih termahal di NBA di tahun 2023. 

Pemilihan JB Bickerstaff juga menimbulkan pertanyaan. Sebab, dia dipecat oleh manajemen Cleveland Cavaliers pada bulan Mei, setelah tersingkir dari babak kedua Playoff NBA 2024. Namun minimnya stok pelatih berkualitas di NBA, membuat Pistons tidak punya banyak pilihan. 

Bickerstaff punya tugas berat ke depan. Karena Pistons belum pernah lolos playoff sejak 2019, dan hanya memenangkan lebih dari 20 pertandingan sekali dalam lima musim. Mereka punya rekor 14-68 musim lalu, dan mencetak rekor kemenangan paling sedikit dalam sejarah klub. Termasuk membuat rekor kekalahan beruntun terbanyak di NBA dengan 28 kali kalah.

Menurut Adrian Wojnarowski dari ESPN, JB Bickerstaff diikat kontrak dengan durasi lima tahun oleh Pistons. Manajemen Pistons melihat prestasinya, di mana Bickerstaff membimbing tim untuk tampil berturut-turut di playoff, termasuk semifinal Wilayah Timur tahun ini. Selama masa jabatannya di Cavaliers, Bickerstaff membuat peningkatan yang signifikan. 

Rekor musim reguler Cavaliers meningkat secara stabil, dari 22-50 pada musim 2020-2021, menjadi 44-38 pada musim 2021-2022, dan kemudian mencapai 51-31 pada musim 2022-2023. Musim lalu, Cavaliers mencetak 48 kemenangan. Namun, terlepas dari kesuksesan mereka di musim reguler, Cavaliers harus tersingkir lebih awal di babak playoff, kalah dari New York Knicks di babak pertama pada tahun 2023 dan Boston Celtics di semifinal Wilayah Timur tahun ini. (*)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar