IBL

LeBron James memilih untuk tidak melanjutkan tahun terakhir kontraknya dengan Los Angeles Lakers. Tapi dia mencari kesepakatan baru dengan tim tersebut. Ada juga laporan yang menyebutkan bahwa LeBron bersedia menurunkan gajinya, agar Lakers bisa merekrut pemain yang diinginkan. 

Juara NBA empat kali LeBron James berencana untuk menolak opsi pemainnya untuk musim depan, dengan harapan bahwa dia akan kembali ke Lakers dengan kontrak baru, menurut laporan The Athletic. Dengan kata lain, LeBron bermaksud untuk tidak menerima opsi pemain senilai 51,4 juta, kemudian kembali bernegosiasi dengan manajemen Lakers.

LeBron memenuhi syarat untuk mendapatkan kontrak senilai 164,3 juta selama tiga tahun. Kontrak tersebut akan memberi LeBron lebih banyak daripada gaji dari opsi pemainnya, didasarkan pada kenaikan 8 persen yang tercantum dalam kontrak terakhirnya. Kontrak tersebut juga lebih tinggi dari jumlah maksimalnya di bursa pemain "free agent", dengan kenaikan 5 persen dari gaji sebelumnya. 

Namun, jika LeBron memperpanjang kontraknya, maka ia tidak akan memenuhi syarat untuk memasukkan klausul "no-trade". Pasalnya klausul tersebut hanya dapat ditambahkan ke kontrak baru, bukan kontrak yang sudah ada.

Rich Paul, agen LeBron, mengonfirmasi kepada Dave McMenamin dari ESPN bahwa kliennya telah memilih keluar dan akan berbicara dengan manajemen Lakers untuk membahas kontrak baru. Menurut Paul, LeBron juga akan mempertimbangkan untuk mengurangi gajinya, agar Lakers bisa menambahkan pemain bagus ke dalam roster. 

"Dia memprioritaskan peningkatan roster pemain," kata Paul. "Dia bersikeras mengerahkan segala upaya untuk meningkatkan daftar pemain."

Dalam laporannya, Dave McMenamin menyampaikan bahwa LeBron bersedia menerima gaji yang lebih sedikit, dengan syarat Lakers mendatangkan James Harden atau Jonas Valanciunas. LeBron juga ingin melihat pemain seperti Klay Thompson menjadi rekan satu timnya. Jika Lakers gagal merekrut salah satu pemain tersebut, dia akan mencari kontrak maksimal, menurut Rich Paul.

Pembahasan tentang kontrak LeBron James ini muncul beberapa hari setelah Lakers mengumumkan JJ Redick menjadi kepala pelatih baru Lakers, serta menggunakan pilihan ke-55 dalam NBA Draft 2024 untuk memilih putra tertua James, Bronny, dari USC dalam sebuah langkah bersejarah. LeBron telah menyatakan keinginannya untuk bermain bersama putranya, dan keduanya akan menjadi duo ayah-anak pertama di liga yang bermain bersama di lapangan.

Pilihan mana pun yang akan diambil LeBron, kemungkinan besar akan diluluskan oleh pemilik Lakers, Jeanie Buss. Karena LeBron telah menunjukkan kesetiaan yang sama dengan Kobe Bryant, ketika dia menyetujui perpanjangan kontrak senilai 48,5 juta dolar Amerika untuk dua musim terakhir. Meskipun LeBron bermasalah dengan cedera, Jeanie Buss tetap memberinya kontrak tersebut.

LeBron mencetak rata-rata 25,7 poin, 8,3 asis, dan 7,3 rebound dalam 71 pertandingan musim lalu sebelum Lakers tersingkir di babak playoff putaran pertama melawan Denver Nuggets. Lakers memenangkan pertandingan play-in pertama di NBA. Lakers memenangkan 47 pertandingan setahun lalu dan tersingkir dari babak playoff di babak pertama oleh Denver Nuggets.

LeBron juga masih berharap untuk bersaing memperebutkan gelar juara, namun Lakers, sejauh ini, belum mengambil langkah signifikan untuk memperbaiki roster-nya. Mereka menempatkan Dalton Knecht di peringkat 17 secara keseluruhan dalam draft, tetapi mereka belum membuat tambahan pemain veteran yang signifikan di luar musim ini.

Lakers telah mengajarkan kesabaran dan pengembangan pemain sejauh ini di offseason ini, tetapi karena LeBron James akan berusia 40 tahun musim depan, mereka harus menemukan keseimbangan antara masa kini dan masa depan.(*)

Foto: Yardbarker

Komentar