IBL

Hanya dua musim waktu yang diberikan manajemen Atlanta Hawks kepada duet Trae Young dan Dejounte Murray. Duet lapangan belakang ini (backcourt) ini resmi dibubarkan oleh Hawks, Jumat (28/6), waktu setempat, setelah mereka menukar Murray ke New Orleans Pelicans. 

Kabar ini pertama kali disampaikan oleh ESPN. Yang menarik adalah, aset yang diberikan Pelicans terbilang cukup sederhana untuk Murray yang tampil solid sepanjang dua musimnya di Hawks. Pelicans mengirimkan dua hak pilih ronde pertama pada 2025 milik Los Angeles Lakers dan 2027 yang nantinya akan ditentukan milik Hawks sendiri atau via Milwaukee Bucks. Untuk pemain, Pelicans hanya mengirim Larry Nance Jr., E.J. Liddell, dan garda muda Australia, Dyson Daniels. 

Nance dan Daniels memang cukup mendapatkan menit di rotasi pemain Pelicans. Namun, jika dibandingkan dengan peran Murray di Hawks, jelas keduanya bukan pertukaran yang sepadan. Sepanjang dua musim dengan Hawks, Murray total bermain 152 kali dengan rataan 21,5 poin, 5,3 rebound, 6,4 asis, dan 1,5 steal per gim. Murray juga meningkatkan akurasinya dari tripoin dengan 35 persen, berbanding 33 persen selama lima musim ia di San Antonio Spurs. 

Kegagalan Playoff diyakini sebagai penyebab manajemen Hawks membubarkan proyek Young-Murray ini. Pasalnya, dalam dua musim terakhir, Hawks bisa dibilang gagal total. Musim ini mereka finis di peringkat 10 klasemen akhir Wilayah Timur dan gagal di Play-In Tournament untuk lolos ke Playoff. Dua musim lalu, mereka juga tak mampu melewati ronde pertama Playoff setelah kalah (4-2) atas Boston Celtics. Sejak lolos ke Final Wilayah Timur pada 2021, Hawks tak mampu memenangkan satupun seri Playoff. 

Murray sendiri baru memperpanjang kontrak dengan Hakws pada musim lalu dengan durasi empat musim senili AS$114 juta. Ia akan menjadi tambahan besar untuk Pelicans yang masih punya C.J. McCollum, Brandon Ingram, Zion Williamson, dan dua pemain sayap muda mereka, Trey Murphy serta Herbert Jones. 

Untuk Hawks, ini juga jadi bukti nyata perubahan arah manajemen. Sebelumnya mereka juga telah menukar A.J. Griffin ke Houston Rockets untuk mendapatkan Nikola Djurisic dari Draft. Jangan lupa juga, Hakws mendapatkan hak pilih pertama NBA Draft 2024 untuk Zaccharie Risacher. (DRMK)

Foto: Getty Images

 

Komentar